INTEGRASI SOSIAL UMAT BERAGAMA ISLAM DAN HINDU DI KELURAHAN KAMPUNG KAJANAN, BULELENG, BALI SEBGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Penulis

  • Fathur Rozaq Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i3.26847

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk-bentuk integrasi sosial umat beragama Islam dan Hindu di Kampung Kajanan, untuk mengetahui proses terjadinya integrasi sosial umat beragama Islam dan Hindu di Kampung Kajanan, untuk mengetahui aspek-aspek integrasi yang dapat dijadikan sumber belajar sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah integrasi sosial antar umat beragama masyarakat Kampung Kajanan. teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, studi literatur dan validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan sebuah integrasi sosial umat beragama Islam dan Hindu di Kampung Kajanan. Proses-proses integrasi yang terjadi di Kampung Kajanan meliputi proses penanaman nilai oleh nenek moyang serta adanya masyarakat pendatang. Bentuk-bentuk integrasi sosial di Kampung Kajanan diataranya tradisi berbagi makanan, saling mengamankan ketika ada kegiatan, perkawinan silang, rukun tetangga dan paguyuban. Aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SMA meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor.
Kata Kunci: Integrasi Sosial, Kampung Kajanan, Sumber Belajar

Referensi

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Hamdi, Ahmad Zainul dan Muktafi, 2017. Wacana dan Praktil Pluralisme Keagamaan di Indonesia. Jakarta: Daulat Jakarta Press.

Handoyo, Eko Dkk.2015, Studi Masyarakat Indonesia, Yogyakarta: Ombak.

Jazuli, M. 2014. Sosiologi Seni. Pengantar dan Model Seni Edisi 2 .Yogyakarta: Graha Ilmu

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kenacana Prenada Media Group.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunanto, Astrid S. 1979. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Bandung: Ekonomi.

Rirzet, George. 2014. Teori Sosiologi Modern Edisi Ketuju. Jakarta: Prenada Media GroupPageh, I Made, DKK. 2013. Analisis Faktor Integratif Nyame Bali-Nyame Selam, untuk Menyusun Buku Panduan Kerukunan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Disampaikan dalam seminar nasional (Senari I) berlangsung tanggal 21-22 Nopember 2013 di Undiksha Singaraja Bali, dengan Key speaker Prof. Agus Subekti. M.Sc.,Ph.d.

Raga, Gede. Dkk. 2003. Intergrasi Sosial Antar Umat Hindu dan Islam di Bali (Study Kasus di Desa Candikuning, Tabanan, Bali). IKIP Singaraja.Retnowati. 2014. Agama Konflik dan Integrasi Sosial (Integrasi Sosial Pasca Konflik Situbondo). JurnalAnalisa. Vol. 21, No. 2.

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (2004). Dasar-dasar Demografi. Jakarta: penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Diterbitkan

2020-08-04