STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MASYARAKAT PLURAL (STUDI PADA SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA, BALI)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34219Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Karakteristik dari peserta didik di SMP Laboratorium Undiksha, (2) Nilai-nilai multikulturalisme apa saja yang ditanamkan, dan (3) Strategi yang diterapkan di sekolah dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif meliputi: (1) penentuan lokasi penelitian, (2) penentuan informan, (3) pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen, (4) penjaminan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Seluruh warga SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama, (2) Nilai multikulturalisme yang ditanamkan antara lain gotong royong, toleransi, tenggang rasa, dan komunikasi lintas budaya, (3) Dalam penanaman nilai-nilai multikulturalisme sekolah berperan dalam segi akademik, fasilitator, dan pencipta /penegak aturan.
Kata kunci: masyarakat plural, nilai-nilai multikulturalisme, pendidikan multikultur, strategi pendidikan multikultur.
Referensi
Albone, Abd. Azis. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Saadah Cipta Mandiri.
Iriyanti dkk. 2019. “Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa Antar Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Metode Ai (Appreciative Inquiry)”. Bulletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 1 no. 2. SSN: 2721-8422.
Mahendro, dan Ihya. 2016. “Gotong Royong Sebagai Tindakan Kolektif: Studi Pada Beberapa SMP di Kota Denpasar”.
Munadlir, Agus. 2016. ”Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. II, No. 2.
Naim, dan Sauqi. 2008. Penddidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasdian, Ferdian Tonny. 2015. Sosiologi Umum. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
Nasution, S. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rosyada, Dede. 2014. ”Pendidikan Multikultural di Indonesia (Sebuah Pandangan Konseptual)”. Jurnal Sosio Didaktika, Vol. I, No. 1.
Sagala, Syaiful. 2013. Etika & Moralitas PENDIDIKAN. Jakarta: Kencana.
Sumartana, et. al. 2005. Pluralisme, Konflik Dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Watra, I Wayan. 2015. Filsafat TOLERANSI BERAGAMA DI INDONESIA (Perspektif Agama dan Kebudayaan). Surabaya: Paramita.
Widisuseno, Iriyanto. ”Pendidikan Berbasis Multikulturalisme (Suatu Upaya Penguatan Jatidiri Bangsa)”.