KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DI SMP PGRI 2 WATES KABUPATEN BLITAR: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE

Penulis

  • Muhammad Aditya Wisnu Wardana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Kundharu Saddhono Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Raheni Suhita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

Kata Kunci:

kesantunan berbahasa, pendidikan karakter, sosiolinguistik, alih kode, campur kode

Abstrak

Pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari adanya alih kode dan campur kode yang berkaitan dengan kesantunan berbahasa di sekolah sebagai implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik rekam, teknik catat, teknik simak libat bebas, dan teknik wawancara. Lokasi penelitian berada di SMP PGRI 2 Wates sebagai, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, sebagai sekolah sasaran dalam program Kampus Mengajar 4 Tahun 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa tutur atau komunikasi antara guru dan siswa kelas VII, VIII, dan IX di SMP PGRI 2 Wates. Hasil penelitian yang diperoleh dalam pembelajaran di SMP PGRI 2 Wates terdapat alih kode dan campur kode dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, penggunaan bahasa Jawa kepada guru siswa sudah mampu menggunakan Jawa Krama sehingga terdapat pengaruh terhadap kesantunan berbahasa sebagai implementasi pendidikan karakter dan penguatan profil pelajar Pancasila. Fungsi kesantunan berbahasa berupa unggah-ungguh berbahasa Jawa terhadap siswa kepada guru membuat interaksi yang terjadi saat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta nyaman, selain itu keakraban guru dan siswa mampu terjalin dengan adanya aspek alih kode dan campur kode dalam pembelajaran di kelas. Pengaruh kesantunan berbahasa dalam pembelajaran di SMP PGRI 2 Wates tidak terlepas dari budaya Jawa masyarakat Wates yang masih melekat dengan unggah-ungguh Jawa untuk menghormati orang yang lebih tua atau orang yang dihormati dalam kesantunan berbahasa Jawa.

Referensi

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2021). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150–157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Azis, H. N., & Rahmawati, L. E. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Estetik Bahasa Indonesia, 4(1), 55–64. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/estetik/article/view/2288/pdf

Cahyaningrum, F., Andayani, & Setiawan, B. (2018). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Kelas di Sekolah Menengah Atas Berlatar Bahasa Jawa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 71–84. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/2434/pdf

Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202–209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18529/10954

Handani, Z. T. (2022). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Dampit, Kabupaten Malang: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(16), 1–15. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/16983

Hidaya, N. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 1(1), 11–22. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/2793/2628

Isfandani, L. N. (2018). Bahasa Jawa Masyarakat Daerah Perbatasan Jawa Tengah Jawa Barat di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes: Kajian Sosiolinguistik. Sutasoma: Journal of Javanese Literature, 5(2), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sutasoma/article/view/29035

Khoirurrohman, T., & Anjany, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 362–370. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/518/409

Magdalena, I., Fauzan, M. I., Damayanti Tantular, L., & Syafitri, H. A. (2021). Analisis Penggunaan Gadget pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pagi Semanan. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 46–57. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mahendra, Y., & Apriza, B. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran dan Pergaulan Lingkungan Siswa. JURNAL BASICEDU, 6(1), 700–708. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2017/pdf

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.

Mustikasari, R., & Astuti, C. W. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa pada Siswa TK dan KB di Kelurahan Beduri Ponorogo. Jurnal Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 9(1), 64–74. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/839/745

Putri, S. N. (2018). Analisis Alih Kode Bahasa Guru dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas Bilingual. Jurnal Kandai, 14(1), 119–130. https://doi.org/10.26499/jk.v14i1.635

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 2232–2237. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/12750

Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2018). The Discourse of Friday Sermon in Indonesia : A Socio-Cultural Aspects and Language Function Studies. Jurnal Komunikasi Islam, 8(2), 217–238. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.2.217-238

Setyawan, B. W. (2019). Fenomena Penggunaan Unggah-Ungguh Basa Jawa Kalangan Siswa SMK di Surakarta. Jurnal Widyaparwa, 46(2), 145–156. https://widyaparwa.kemdikbud.go.id/index.php/widyaparwa/article/view/200/183

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018a). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Lingtera, 5(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/19198/pdf

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018b). Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode). Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(2), 119–130. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS

Sudarja, K. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 35–49. http://202.57.31.74/index.php/alfabeta/article/view/613/416

Sulastri, N. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal of Classrom Action Research Original, 3(1), 1–6. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/648/444

Sundoro, B. T., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Pemakaian Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMK (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 24–36. http://e-journal.uajy.ac.id/21611/

Wahyuni, A. T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Unggah Ungguh Basa dalam Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Strategi Pemberian Peran Pada Siswa SMPN 2 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Dieksis, 1(2), 40–46. https://literasidigital.my.id/dieksis/article/view/75/85

Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah. Jurnal Kredo, 1(2), 1–13. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2096/1236

Wyn, N., Lisa, N., Sujana, I. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Hubungan Antara Sikap Komunikatif Sebagai Bagian dari Pengembangan Karakter dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 121–128. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15391/9390

Diterbitkan

2023-05-25