GAYA HIDUP NONGKRONG PEREMPUAN SOSIALITA DI KAFE KOTA PAREPARE

Penulis

  • Yustina Yustina Jurusan Pendidikan Sosiologi, Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia
  • Darman Manda Jurusan Pendidikan Sosiologi, Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia
  • Firdaus W Suhaeb Jurusan Pendidikan Sosiologi, Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia

Kata Kunci:

Gaya Hidup, Perempuan, Sosialita, Nongkrong

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mendeskripsikan gambaran/karakteristik perempuan sosialita yang nongkrong di kafe Kota Parepare (ii) Mengetahui pola interaksi perempuan sosialita yang nongkrong di kafe Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena gaya hidup wanita sosialita yang nongkrong di kafe. Objek dalam penelitian ini adalah wanita sosialita yang nongkrong di kafe. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (i) karakteristik perempuan sosialita dapat dilihat dari status sosial tinggi, status ekonomi tinggi, dan kualitas diri (ii) Pola interaksi perempuan sosialita yang nongkrong di kafe dilakukan atas dasar kemampuan secara finansial, psikologis, dan lingkungannya.

Referensi

Abdulsyani. 2007. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Adlin, Alfathri. 2006. Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra

Ambara, Janice. Penerimaan Pemirsa Perempuan terhadap Pesan Gaya Hidup dalam Iklan-iklan Kopi dengan Endorser Perempuan. (Jurnal E-Komunikasi Vol 2, No.1, 2014, h.2, http://studentjournal.petra.ac.id)

Anggraeni, N., Suhaeb, F. W., & Nur, H. Hegemoni Budaya Jepang Dalam Gaya Hidup Cosplayer (Studi Sosiologi Pada Komunitas Cosplay Makassar Suki di Makassar). Phinisi Integration Review, 4(3), 559-568.

Damsar dan Indrayani. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Maunah, Binti. Interaksi Sosial Anak di dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Surabaya. Jenggala Pustaka Utama. 2016

Maryati dan Suryati. 2003. Sosiologi 1. Jakarta: Erlangga

Murdiyatmoko dan Handayani. 2004. Sosiologi 1. Jakarta: Grafindo Media Pratama

Nasution. 1994. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Saptoto, R. 2016. Dinamika Psikologis Nrimo Dalam Bekerja: Nrimo Sebagai Motivator atau Demotivator. Jurnal Psikologi Indonesia.

Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: Kencana

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT Raja Grafindo

Wijayanti, Diatmika dan Kawedhar, Widyabakti Hesti. 2012. Sosiologi. Klaten. PT Intan Pariwara.

Wirawan, I. B. 2012. Teori-Teori Sosial dalam Paradigma Fakta Sosial Definisi Sosial dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana

Diterbitkan

2023-09-25