ANALISIS FENOMENA “BEAUTY PRIVILEGE” DALAM STATUS SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
(STUDI KASUS SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG)
Kata Kunci:
beauty privilege, lookism, diskriminasi, remaja, status sosialAbstrak
Sejak dulu, karakteristik fisik seseorang dianggap menjadi kriteria utama dalam penilaiannya sebagai individu. Adapun dalam perkembangannya hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena “beauty privilege” atau hak istimewa yang didapatkan seseorang semata-mata karena dirinya memiliki daya tarik fisik tinggi dan memenuhi standar kecantikan masyarakat. Fenomena ini juga meluas ke berbagai aspek kehidupan yang dialami oleh semua kalangan, tak terkecuali bagi remaja sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu persepsi remaja terhadap fenomena “beauty privilege” serta pengaruhnya terhadap status sosial mereka dalam hierarki sosial pergaulan remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara pelajar SMA Kota Bandung yang dijadikan sebagai subjek studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “beauty privilege” di kalangan remaja nyata adanya yang dibuktikan dengan perlakuan di dunia nyata dari teman sebaya dan guru di sekolah. “Beauty privilege” juga banyak dipengaruhi oleh sosial media, terutama kultur influencer yang menyasar demografis remaja. Terkait status sosial, “beauty privilege” berperan untuk meningkatkan status sosial remaja dalam hierarki sosial di pergaulannya karena daya tarik fisik seseorang linear dengan penilaian dan penerimaan individu ke dalam kelompok pergaulan remaja.
Referensi
Abidin, C. (2018). Internet Celebrity: Understanding Fame Online (SocietyNow) (Illustrated). Emerald Publishing.
Adolescent health. (2019, November 26). https://www.who.int/health-topics/adolescent-health
Ayto, J. (1999). Twentieth Century Words (1st Edition). Oxford University Press.
Berry, B. (2008). The Power of Looks: Social Stratification of Physical Appearance. Routledge.
Berscheid, E., Dion, K., Walster, E., & Walster, G. (1971). Physical attractiveness and dating choice: A test of the matching hypothesis. Journal of Experimental Social Psychology, 7(2), 173–189. https://doi.org/10.1016/0022-1031(71)90065-5
Budgeon, S. (2003). Identity as an Embodied Event. Body & Society, 9(1), 35–55. https://doi.org/10.1177/1357034x030091003
Demakakos, P., Nazroo, J., Breeze, E., & Marmot, M. (2008). Socioeconomic status and health: The role of subjective social status. Social Science &Amp; Medicine, 67(2), 330–340. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2008.03.038
Gerber, C. (n.d.). Is ‘influencer culture’ affecting the way you feel? The Forest Scout. https://theforestscout.com/39313/in-culture/is-influencer-culture-affecting-the-way-you-feel/
McAndrew, A. (2021). A Computational Introduction to Digital Image Processing (2nd ed.). Routledge.
Meisinger, E., Blake, J., Lease, A., Palardy, G., & Olejnik, S. (2007). Variant and invariant predictors of perceived popularity across majority-Black and majority-White classrooms. Journal of School Psychology, 45(1), 21–44. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2006.09.005
MIT Research - Brain Processing of Visual Information. (1996, December 19). MIT News | Massachusetts Institute of Technology. https://news.mit.edu/1996/visualprocessing
Pfeifer, J. H., & Berkman, E. T. (2018). The Development of Self and Identity in Adolescence: Neural Evidence and Implications for a Value-Based Choice Perspective on Motivated Behavior. Child Development Perspectives, 12(3), 158–164. https://doi.org/10.1111/cdep.12279
Privilege. (2022). In The Merriam-Webster.com Dictionary. https://www.merriam-webster.com/dictionary/privilege
Rahal, D., Fales, M. R., Haselton, M. G., Slavich, G. M., & Robles, T. F. (2021). Cues of Social Status: Associations Between Attractiveness, Dominance, and Status. Evolutionary Psychology, 19(4), 147470492110561. https://doi.org/10.1177/14747049211056160
Ravasio, M. (2022). Engineering Human Beauty. Australasian Journal of Philosophy, 1–14. https://doi.org/10.1080/00048402.2022.2048311
Spiegel, T. J. (2022). Lookism as Epistemic Injustice. Social Epistemology, 1–15. https://doi.org/10.1080/02691728.2022.2076629
Yoo, J. J., & Yurchisin, J. (2017). Adolescents’ appearance-related behaviour and product use: the impact of sociocultural attitude towards appearance, gender, and body mass index on consumption. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.1080/17543266.2017.1306117