STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN SEJARAH, SOSIOLOGI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH SOSIOLOGI KOMUNIKASI
Kata Kunci:
Komunikasi Organisasi, Sosiologi Komunikasi, Circle, Etos Kerja, Suplemen BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya circle yang ada di HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha, strategi komunikasi yang digunakan oleh HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha dalam meningkatkan etos kerja, dan aspek-aspek yang terdapat dalam Komunikasi HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha yang bisa dimanfaatkan sebagai suplemen mata kuliah sosiologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan metode pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep peer group (Dasar-dasar ketertarikan antarpribadi) dari Maureen T.Hallinan, Reference group dari Robert K. Merton, dan Teori Agent of Struktural dalam strukturasi Anthony Giddens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya circle yang ada di HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha, yaitu keakraban, kesamaan, status, saling melengkapi, dan hubungan timbal balik, kedua strategi komunikasi untuk meningkatkan etos kerja di HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha sudah di lakukan berbagai upaya namun jalannya strategi tersebut juga dipengaruhi actor lain yakni anggota HMJ SSP sehingga strategi yang digunakan belum terlaksana secara optimal, ketiga kondisi komunikasi yang ada di HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha ini dapat berpotensi menjadi suplemen mata kuliah sosiologi komunikasi, dimana akan masuk kedalam materi kelompok-kelompok sosial dalam mekanisme komunikasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fenomena circle dan strategi komunikasi organisasi dalam meningkatkan etos kerja yang terjadi di HMJ SSP Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu proses komunikasi yang terjadi di organisasi dan fenomena ini relevan dijadikan suplemen mata kuliah sosiologi komunikasi yang nantinya akan dituangkan dalam RPS, ringkasan hand out dan artikel dimana akan membahas isu-isu komunikasi organisasi yang dekat dengan lingkungan mahasiswa.
Referensi
Amri, sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum
Asminah, 2020. Pengembangan Buku Suplemen Untuk Keterampilan Membaca Teks Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di SUrabaya. JPGSD, Vol. 08, No. 1
Asri (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementrian Agama RI. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. XXVII No.3, 267-285.
Bungin, B. (2019). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Choirul, dkk (2018). Hubungan Pola Komunikasi Dosen Dan Intensitas Komunikasi Dalam Peer Group, Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FEB UNDIP. Interaksi Online, Vol.6, No. 2, 18-27.
Hafifudin, D. A. (2023). Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Etos Kerja Pengurus Di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2, 135-159.
Hariani, S. R. (2021) Strategi Pendidik Dalam Mengembangkan Peran Peer Group Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 7, No. 3, 2016-221.
Herdiyanti, dkk (2024). Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Bank Mandiri Tangerang Ruko Juanda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 10, No. 7, 510-518.
Hidayanti, M. (2021). 1 BAB II KAJIAN LITERATUR A. Kajian teoritis 1 Peer Group. Diakses pada tanggal 6 Januari 2024 dari Repository UIN Sumatera Utara: http://repository.uinsu.ac.id/16843/3/BAB%20II%20%281%29.pdf
Iskandar, D. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai. Persepsi: Communication Journal, Vol.4, No.1, 31-42.
J.Goodman (2012). teori sosiologi modern. Jakarta: Kencana.
Kessi, dkk. (2023). Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Budaya Organisasi, Kepuasan dan Etos Kerja (Studi Kasus Perusahaan Tour and Travel). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol. 6, No. 2, 2167-2176.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Vol. 12, No. 2, 159-174.
Nurdin, A. (2018). Sosiologi Organisasi. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan
Panuju, I. W. (2018). Strategi Komunikasi FKUB Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama Di Provinsi Bali. Jurnal Sosiologi Agama, Vol. 12, No. 1, 99-132.
Putri, D. R., & Dewi, N. (2019). Kohevitas Kelompok Teman Sebaya, Gender dan Kesehatan Mental Pada Siswa Di SMP Negeri 2 Surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), Vol. 12, No. 2. 171-178.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Sahlan, S. (2023). Studi Masyarakat Sosial Dalam Persfektif Kelompok Sosial Dan Stratifikasi Sosial. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, Vol. 1, No. 1, 11-18.
Sari, dkk. (2023). Strategi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Etos Kerja Pegawai di Baznas Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah dan Muamalah (JHESM), Vol. 1, No. 2, 52-59.
Septiyuni, dkk (2015). Pengaruh kelompok teman sebaya (peer group) terhadap perilaku bullying siswa di sekolah. Sosietas: jurnal pendidikan sosiologi, Vol.5, No.1.
Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sri Novita, F. H. (2023). Analisi Komunikasi Circle Pertemanan Siswa Dalam Perubahan Konsep Diri. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS), Vol. 3, No. 1, 160-165.
T.Hallinan, M. (1982). The Peer Influence Process. studies in educational evaluation, vol. 7, 285-306.
Utomo, dkk (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, Vol. 1, No. 1, 1-8.
Wulandaria, dkk. (2023). Strategi Komunikasi Organisasi Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Di RSUD Lahat. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), Vol. 3 No. 1, 166-168.