PEMANFAATAN ALGORITMA SAW PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN STRATEGI BELAJAR PADA ADAPTIVE LEARNING

Authors

  • Nurcahya Pradana Taufik Prakisya Universitas Sebelas Maret http://orcid.org/0000-0002-7664-7156
  • Yusfia Hafid Aristyagama Universitas Sebelas Maret
  • Cucuk Wawan Budiyanto Universitas Sebelas Maret
  • Puspanda Hatta Universitas Sebelas Maret
  • Febri Liantoni Universitas Sebelas Maret
  • Rosihan Ari Yuana Universitas Sebelas Maret
  • Raqael Fisabillah Ramadhan Universitas Sebelas Maret

Keywords:

adaptive learning, sistem penunjang keputusan, simple additive weight, system usability

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, adaptive learning menjadi alternatif pilihan dalam pembelajaran jarak jauh karena setiap peserta didik berada pada lingkungan dan instrumen pembelajaran yang juga beragam. Permasalahan yang ditemui adalah tidak semua pengajar siap melakukan penyesuaian dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh serta membantu para peserta didik secara maksimal sebagaimana saat mengajar langsung di kelas. Akibatnya, peserta didik mungkin menemukan materi pembelajaran online yang terlalu sederhana, atau malah sangat rumit. Hal ini berakibat pada perlakuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan sistem penunjang keputusan dengan algoritma Simple Additive Weight (SAW). Melalui sistem ini diharapkan pengajar memperoleh gambaran terkait dengan kondisi peserta didik serta rekomendasi perlakuan yang sesuai dengan kondisinya. Sistem yang terbentuk diimplementasikan di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret dan dievaluasi dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat persepsi kegunaan.

Author Biography

Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, Universitas Sebelas Maret

Informatics Education

References

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id

Faqih, H. (2014). Implementasi Dss Dengan Metode Saw Untuk Menentukan Prioritas Pekerjaan Operasi Dan Pemeliharaan Sistem Irigasi Dpu Kabupaten Tegal. Bianglala Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta, II(1), 14–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/bi.v2i1.565

Firmansyah, Y., Purwaningtias, D., & Pratiwi, L. (2019). Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (Sip Bos) Berbasis Web Studi Kasus Sma N 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. I N F O R M a T I K A, 11(2), 8. https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.160

Folador, J. P. (2019). System Usability Scale ( SUS ) applied to a web- based integrated system for the management of data from people with Parkinson ’ s disease. XII SIMPÓSIO DE ENGENHARIA BIOMÉDICA -. https://doi.org/10.5281/zenodo.3459740

Kartiko, C. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Web Pemantau Menggunakan Model Pengujian Perangkat Lunak ISO/IEC 9126. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(1), 16. https://doi.org/10.22146/jnteti.v8i1.485

Kusworo, N., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2021). Pengembangan Adaptive E-Learning Sistem Berbasis Vark Learning Style Pada Materi IP Address. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 70–79. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p070

Madhukar Salve, S., Neha Samreen, S., & Khatri-Valmik, N. (2018). A Comparative Study on Software Development Life Cycle Models. International Research Journal of Engineering and Technology, 5(2), 696–700. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Nuari, N. A., Susanto, S., & Damayanti, D. (2021). Manajemen Edukasi Preventif dan Penatalaksanaan Covid-19 Berbasis Home Learning System Pada Remaja. Jurnal SOLMA, 10(3), 557–562. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7204

Parkar, V. V, Shinde, P. P., Gadade, S. C., & Shinde, P. M. (2016). Utilization of Laravel Framework for Development of Web Based Recruitment Tool. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JCE), 36–41. https://www.iosrjournals.org/iosr-jce/papers/Conf.16051/Volume-1/8. 36-41.pdf?id=7557

Peng, H., Ma, S., & Spector, J. M. (2019). Personalized Adaptive Learning: An Emerging Pedagogical Approach Enabled by a Smart Learning Environment. Lecture Notes in Educational Technology, 171–176. https://doi.org/10.1007/978-981-13-6908-7_24

Qi, H., Xiao, S., Shi, R., Ward, M. O., Chen, Y., Tu, W., Su, Q., Wang, W., Wang, X., & Zhang, Z. (2020). Pneumonia of unknown aetiology in Wuhan, China:potential for international spread via commercialair travel. Journal of Travel Medicine, 1(3), 539–547. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa008

Rahim, A., & Taryatman. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 364–368. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2244

Raines, K. S., Doniach, S., & Bhanot, G. (2021). The transmission of SARS-CoV-2 is likely comodulated by temperature and by relative humidity. PLoS ONE, 16(7 July), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255212

Sanjaya, M. R., Saputra, A., & Kurniawan, D. (2021). Penerapan Metode System Usability Scale ( Sus ) Perangkat Lunak Daftar Hadir Di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Berbasis Website. 7(1), 120–132. https://doi.org/10.35143/jkt

Sanjaya, M. R., Saputra, A., Putra, B. W., Sari, N., Destriani, R., & Rahmany, M. R. U. (2021). Designing a Web-Based Online Tutoring Application in Palembang City Using the SUS (System Usability Scale) Method. Proceedings of the 4th Forum in Research, Science, and Technology (FIRST-T1-T2-2020), 7, 523–528. https://doi.org/10.2991/ahe.k.210205.088

Suharsih, R., Febriani, R., & Triputra, S. (2021). Usability of Jawara Sains Mobile Learning Application Using System Usability Scale (SUS). Jurnal Online Informatika, 6(1), 41. https://doi.org/10.15575/join.v6i1.700

Sukajaya, I. N. (2017). Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik di Era Big Data. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 09 September 2017, 2–9. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_223511273775.pdf

Sukerti, N. (2014). Sistem Penunjang Keputusan Penerima Bantuan Desa Di Kecamatan Klungkung Dengan Metode Saw. Jurnal Informatika Darmajaya, 14(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.30873/ji.v14i1.511

Sutardi, D. (2016). Pengembangan Model Belajar Bermutu Yang Adaptif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 127–138. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p127

Suwarti. (2018). Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Dalam Menentukan Kualitas Tepung Dalam Pembuatan Cup Cake. AMIK Tri Dharma Pekanbaru, 2(01), 68–74. http://ojsamik.amikmitragama.ac.id/index.php/js/article/view/27

Taherdoost, H. (2019). What Is the Best Response Scale for Survey and Questionnaire Design; Review of Different Lengths of Rating Scale / Attitude Scale / Likert Scale. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 8(1), 2296–1747. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3588604

Waruwu, M. (2020). Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 288–295. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v27i2.27081

Wolo, P., Paseng, A. S. M., & Roberth, Y. W. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Kelurahan Kota Uneng). Teknika, 8(1), 74–77. https://doi.org/10.34148/teknika.v8i1.151

Yulia Indahri. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi. In Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI (Vol. 19, pp. 13–18). Puslit BKD. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-12-II-P3DI-Juni-2020-201.pdf?1648716101

Yunisya, P., & Sopandi, A. A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Penjas Adaptif bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 ( SMK N 7 Padang ). Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 30–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/rrj.v3i1.319

Published

2022-08-15