SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN PENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ROUND ROBIN (STUDI KASUS: ZENA TRAVEL)

Authors

  • yogi ariyanto P universitas ma chung
  • soetam rizky wicaksono Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i1.9061

Keywords:

sistem penjadwalan driver, round robin, sistem informasi, Travel

Abstract

Penjadwalan merupakan aspek umum dalam suatu perusahaan travel.  Dalam proses bisnisnya selain pengaturan reservasi pelanggan, pengaturan jadwal beban kerja pada pengemudi juga merupakan faktor yang penting.  Pada travel komuter (dalam kasus ini dengan jadwal rutin harian) yang masih mengadaptasi sistem penjadwalan manual, akan menimbulkan masalah pada saat pembagian jadwal pengemudi sering tidak berimbang.  Hal ini akan mengakibatkan beban kerja dan gaji setiap pengemudi juga tidak imbang.  Selain itu, sering terjadi kesalahan dari operator dalam melakukan proses penjadwalan yang masih manual. Sehingga perlu dibuat solusi berupa sistem penjadwalan pengemudi dengan memanfaatkan algoritma round robin atau sering disebut RR.  RR adalah algoritma yang dalam prosesnya dapat disela oleh proses lain dan tidak berprioritas karena adanya quantum.  Hal ini tentu merupakan keunggulan RR dalam kriteria penjadwalan yaitu fairness. Hasil ujicoba algoritma RR telah terbukti meningkatkan efisiensi dalam proses penjadwalan dan dapat dihandalkan sebagai solusi untuk meingkatkan kinerja operator serta sesuai dengan kriteria penjadwlan yaitu fairness.

References

Datta, L. (2015). Efficient Round Robin Scheduling Algorithm with Dynamic Time. I.J. Education and Management Engineering, 10-19.

Druzdzel, M. J., & Flynn, R. R. (2010). Decision Support Systems. In M. J. Bates, & M. N. Maack, Encyclopedia of Library and Information Sciences Third Edition (pp. 1-9). Taylor Francis. doi:10.1081/E-ELIS3-120043887

Goswami, R., & Barua, P. (2008). Web-Based Decision Support System : Concept and Issues. In D. Laha, & P. Mandal, Handbook of Computational Intelligence in Manufacturing and Production Management (pp. 300-313). IGI Global. doi:10.4018/978-1-59904-582-5

Hartomo, D. (2005). Sistem Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. 3 ed. Yogyakarta: ANDI.

Kendall, K. (2011). System Analysis and Design. 8th ed. New Jersey: Pearson Education.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI.

Monica, S., & Hansen, S. (2014, Desember). Implementasi Algoritma Short Job First dan Round Robin pada Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang. ULTIMATICS, VI(2), 94-99. Retrieved from http://library.umn.ac.id/jurnal/public/uploads/papers/pdf/3ae3109872e51407830483c2f558b76c.pdf

Nieh, J., Vaill, C., & Zhong, H. (2001). Virtual-Time Round-Robin: An O(1) Proportional Share Scheduler. Proceesing 2001 USENIX Annual Technical Conference. Boston: USENIX.

Perraju, T. (2013, April). Artificial Intelligence And Decision Support Systems. International Journal of Advanced Research in IT and Engineering, 2(4), 17-26.

Rajput, I. S., & Gupta, D. (2012, October). A Priority based Round Robin CPU Scheduling Algorithm for Real Time Systems. International Journal of Innovations in Engineering and Technology (IJIET), 1(3), 1-11.

Rasmussen, R. V., & Trick, M. A. (2008). Round robin scheduling – a survey. European Journal of Operational Research, 617-636.

Triono, G. (2015). Implementasi Load Balancing dengan menggunakan Algoritma Round Robin pada Kasus Pendaftaran Siswa Baru Sekolah Menengah Pertama Labschool UNESA Surabaya. iDeaTech (pp. 169-176). Surabaya: iSTTS. Retrieved from http://ideatech.stts.edu/proceeding2015/169%20-%20Gaguk%20Triono.pdf

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

P, yogi ariyanto, & wicaksono, soetam rizky. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN PENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ROUND ROBIN (STUDI KASUS: ZENA TRAVEL). JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 6(1). https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i1.9061

Issue

Section

Articles