SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN PENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ROUND ROBIN (STUDI KASUS: ZENA TRAVEL)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i1.9061Keywords:
sistem penjadwalan driver, round robin, sistem informasi, TravelAbstract
Penjadwalan merupakan aspek umum dalam suatu perusahaan travel. Dalam proses bisnisnya selain pengaturan reservasi pelanggan, pengaturan jadwal beban kerja pada pengemudi juga merupakan faktor yang penting. Pada travel komuter (dalam kasus ini dengan jadwal rutin harian) yang masih mengadaptasi sistem penjadwalan manual, akan menimbulkan masalah pada saat pembagian jadwal pengemudi sering tidak berimbang. Hal ini akan mengakibatkan beban kerja dan gaji setiap pengemudi juga tidak imbang. Selain itu, sering terjadi kesalahan dari operator dalam melakukan proses penjadwalan yang masih manual. Sehingga perlu dibuat solusi berupa sistem penjadwalan pengemudi dengan memanfaatkan algoritma round robin atau sering disebut RR. RR adalah algoritma yang dalam prosesnya dapat disela oleh proses lain dan tidak berprioritas karena adanya quantum. Hal ini tentu merupakan keunggulan RR dalam kriteria penjadwalan yaitu fairness. Hasil ujicoba algoritma RR telah terbukti meningkatkan efisiensi dalam proses penjadwalan dan dapat dihandalkan sebagai solusi untuk meingkatkan kinerja operator serta sesuai dengan kriteria penjadwlan yaitu fairness.
References
Datta, L. (2015). Efficient Round Robin Scheduling Algorithm with Dynamic Time. I.J. Education and Management Engineering, 10-19.
Druzdzel, M. J., & Flynn, R. R. (2010). Decision Support Systems. In M. J. Bates, & M. N. Maack, Encyclopedia of Library and Information Sciences Third Edition (pp. 1-9). Taylor Francis. doi:10.1081/E-ELIS3-120043887
Goswami, R., & Barua, P. (2008). Web-Based Decision Support System : Concept and Issues. In D. Laha, & P. Mandal, Handbook of Computational Intelligence in Manufacturing and Production Management (pp. 300-313). IGI Global. doi:10.4018/978-1-59904-582-5
Hartomo, D. (2005). Sistem Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. 3 ed. Yogyakarta: ANDI.
Kendall, K. (2011). System Analysis and Design. 8th ed. New Jersey: Pearson Education.
Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI.
Monica, S., & Hansen, S. (2014, Desember). Implementasi Algoritma Short Job First dan Round Robin pada Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang. ULTIMATICS, VI(2), 94-99. Retrieved from http://library.umn.ac.id/jurnal/public/uploads/papers/pdf/3ae3109872e51407830483c2f558b76c.pdf
Nieh, J., Vaill, C., & Zhong, H. (2001). Virtual-Time Round-Robin: An O(1) Proportional Share Scheduler. Proceesing 2001 USENIX Annual Technical Conference. Boston: USENIX.
Perraju, T. (2013, April). Artificial Intelligence And Decision Support Systems. International Journal of Advanced Research in IT and Engineering, 2(4), 17-26.
Rajput, I. S., & Gupta, D. (2012, October). A Priority based Round Robin CPU Scheduling Algorithm for Real Time Systems. International Journal of Innovations in Engineering and Technology (IJIET), 1(3), 1-11.
Rasmussen, R. V., & Trick, M. A. (2008). Round robin scheduling – a survey. European Journal of Operational Research, 617-636.
Triono, G. (2015). Implementasi Load Balancing dengan menggunakan Algoritma Round Robin pada Kasus Pendaftaran Siswa Baru Sekolah Menengah Pertama Labschool UNESA Surabaya. iDeaTech (pp. 169-176). Surabaya: iSTTS. Retrieved from http://ideatech.stts.edu/proceeding2015/169%20-%20Gaguk%20Triono.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)