Implementasi Logika Fuzzy pada Penilaian Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Authors

  • Utti Marina Rifanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Herryawan Pujiharsono Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia
  • Zein Hanni Pradana Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i1.50057

Keywords:

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kurikulum, Fuzzy

Abstract

Pada tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI  mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menyebabkan terjadinya penyesuaian kurikulum pendidikan tinggi. Hal ini berakibat pada penyesuaian metode dan instrumen penilaian terhadap kegiatan mahasiswa di setiap perguruan tinggi. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam MBKM diarahkan untuk mengembangkan hardskill dan softskill sehingga penilaian akan bersifat kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran terkait penilaian kegiatan MBKM secara kualitatif menggunakan bantuan dari logika fuzzy sebagai pendukung pengambilan keputusan penilaian kegiatan MBKM. Logika fuzzy merupakan suatu alat bantu yang dapat digunakan untuk proses penilaian yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif menggunakan studi kasus mahasiswa peserta MBKM di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) tahun 2021. Pemodelan sistem penilaian dilakukan menggunakan sistem fuzzy Mamdani. Keunggulan dari logika fuzzy pada proses penilaian adalah pihak penilai atau asesor dapat menentukan aturan sesuai kebijakan penilaian, selain itu dapat meningkatkan akurasi dan konsistensi nilai.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar. Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE), 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). Retrieved from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177.

Barlybayev, A., Sharipbay, A., Ulyukova, G., Sabyrov, T., & Kuzenbayev, B. (2016). Student’s performance evaluation by fuzzy logic. Procedia - Computer Science, 102(August), 98–105. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.09.375.

Budi, S., & Rezi, W. (2021). Application of The Fuzzy Clusterwise Generalized Structured Component Method to Evaluate Implementation of National Education Standard in Indonesia. ,. Management Science Letters, 11(2021), 1379–1384. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.11.002.

Bumbuc, Ş. (2016). About Subjectivity in Qualitative Data Interpretation. International Conference Knowledge-Based Organization, 22(2), 419–424. https://doi.org/10.1515/kbo-2016-0072.

Delita, F., Elfayetti, E., & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8(2), 124–135. https://doi.org/10.24114/jg.v8i2.5776.

Febriany, N., Agustina, F., & Marwati, R. (2017). Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani Dalam Penentuan Status Gizi Dan Menggunakan Software Matlab. Jurnal EurekaMatika, 5(1), 84–96. https://doi.org/10.17509/jem.v5i1.10300.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2051.

Hadi, H. N., & Firdaus Mahmudy, W. (2015). Penilaian Prestasi Kinerja Pegawai Menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 2(1), 41–48. https://doi.org/10.25126/jtiik.201521129.

Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (1st Ed). Kemdikbud RI.

Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam (JKPIs), 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60.

Komariyah, S., Yunus, R. M., & Rodiansyah, S. F. (2016). Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa. In Prosiding Seminar Teknologi Majalengka (STIMA), . (pp. 61–68).

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan (2nd Ed). Graha Ilmu.

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Ilmu Pendidikan (EDUKATIF), 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951.

Lathif, N., Garnasih, Y., Milonno, Y. K., Siswajanthy, F., Handoyo, S., & Wijaya, M. M. (2022). Implementasi Program Kebijakan Mbkm Untuk Menciptakan Karakter Mahasiswa Fakultas Hukum Yang Profesional. Pakuan Law Review (PALAR), 8(1), 277–293. https://doi.org/10.33751/palar.

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185–1196. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44137.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah Indonusa, 15(2), 330–338. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2368.

Mustika, F. A., & Sutrisno. (2016). Model Evaluasi Kinerja Karyawan Dengan Metode Fuzzy Sugeno Pada Resto ABTL. Jurnal Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi, 1(1), 89–96. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.973.

Ningrum, R. A., Priyanto, A., & Athiyah, U. (2021). Implementasi Algoritma Fuzzy Tsukamoto Untuk Diagnosis Penyakit Anemia (Studi Data: Rekam Medis Pasien Ibu RSIA Bunda Arif Purwokerto). Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan (INFOKES), 11(2), 65–72. https://doi.org/10.47701/infokes.v11i2.1303.

Nurhasanah, N., Aribowo, B., Purwandari, A. T., Sumantri, D., Maulana, S., Yasmin, M. A., Raghdawulan, R., & Shity, C. (2022). Identifikasi Pengetahuan Mahasiswa Teknik Industri Terhadap Implementasi Program MBKM dengan Pendekatan Analytical Network Process. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 7(2), 72–79. https://doi.org/10.36722/sst.v7i2.1016.

Pranata, A., & Azanuddin, A. (2018). Implementasi Fuzzy Logic pada Sistem Pendingin Ruangan Otomatis berbasis Proggrammable Logic Controller (PLC). Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD (J-SISKO TECH), 1(2), 51–59. https://doi.org/10.53513/jsk.v1i2.30.

Rifanti, U. M., & Arifwidodo, B. (2019). Tourism Transportation’s Optimum Route in Banyumas using The Weighted Fuzzy Graph. AIP Conference Proceedings The 2nd International Conference on Science, Mathematics, Environment, and Education, 2194(1), 020104.1-020104.12. https://doi.org/10.1063/1.5139836.

Rijal, Y., & Abdulloh. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Kelulusan Nilai Sk-Emas STMIK Yadika Menggunakan Metode Logika Fuzzy. SMATIKA Jurnal, 7(1), 6–14. https://doi.org/10.32664/smatika.v7i01.21.

Santiari, N. P. L. (2016). Penggunaan Metode Fuzzy Dalam Penilaian Tingkat Kemampuan Non-Akademik Mahasiswa Melalui Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 253. https://doi.org/10.25126/jtiik.201634182.

Satiti, A. D. R., & Falikhatun. (2022). Accounting Curriculum Evaluation In Implementation Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 11(1), 21 – 35. https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.9880.

Setia, B., & Prasetyaningrum, P. T. (2019). Penerapan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sistem Cerdas (Vol. 2).

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. . (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Religion Education Social Laa Roiba Journal (RESLAJ), 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.,. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Wajiansyah, A., Bramanto, A., Supriadi, S., & Nur, S. (2018). Implementasi Fuzzy Logic Pada Robot Line Follower. ,. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(4), 395–402. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854747.

Wang, L.-X. (1996). A Course in Fuzzy Systems and Control. Pearson.

Downloads

Published

2023-03-20

Issue

Section

Articles