Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Sistem Respirasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i3.55096Kata Kunci:
literasi sains, problem based learning, sistem respirasi, kemampuan berpikir kritisAbstrak
Salah satu faktor keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh kreativitas guru dalam menentukan dan menggunakan sumber belajar yang tepat dan sesuai. Sumber belajar yang relevan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKP) berbasis literasi sains yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis literasi sains dengan model pembelajaran PBL yang layak dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis. Proses pembuatan produk menggunakan tahapan R&D model Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk akhir diukur kelayakannya menggunakan instrumen berupa lembar angket dan lembar tes, didapatkan bahwa rerata persentase dari ahli materi sebesar 90,17% (sangat layak), ahli desain sebesar 95% (sangat layak), guru biologi sebesar 83,59% (sangat layak), dan respons peserta didik sebesar 92,18% (sangat layak). Keefektifan LKPD dianalisis menggunakan uji effect size terhadap data nilai pretest dan posttest peserta didik. Hasil rata-rata nilai effect size diperoleh sebesar 1,79 (tinggi) yang menunjukkan bahwa dengan LKPD berbasis literasi sains dengan model pembelajaran PBL efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi.
Referensi
Abdurrahman, A., Gardjito, G., & Budiarti, R. S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA. Biodik, 1(1). https://doi.org/10.22437/bio.v1i1.3346.
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.
Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.
Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. Biodik, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239.
Ashari, S. E., & Wisanti, W. (2021). Kelayakan Teoretis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Lumut Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 95–101. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p95-101.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32.
Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Fadilah, M., Permanasari, A., Riandi, R., & Maryani, E. (2020). Analisis Karakteristik Kemampuan Literasi Sains Konteks Bencana Gempa Bumi Mahasiswa Pendidikan IPA pada Domain Pengetahuan Prosedural dan Epistemik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 103–119. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16651.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574.
Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
Jayendra, P. S. (2018). KKonstruksi Level Pengetahuan Metakognitif Dalam Pembelajaran Agama Hindu. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 5(2). https://doi.org/10.25078/gw.v5i2.638.
Khasanah, B. A., & Fadila, A. (2018). Pengembangan Lkpd Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL E-DuMath, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.52657/je.v4i2.734.
Kholid, M. N., Astiani, A. A., & Swastika, A. (2021). Analisis Pembelajaran Geometri pada Siswa SMP/MTs Secara Online Menurut Psikologi Warna. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 122. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.9433.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 2581–0480. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69.
Lisfatkandayant, U., Muharini, R., Sartika, R. P., Enawaty, E., & Erlina, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Perkembangan Teori Atom. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3120–3132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2577.
Mardika, I. (2020). Upaya Meningkatkan SIkap Ilmiah dan Hasil Belajar Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Indonesia Journal of Educational Development, 1(2), 311–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.
Munar, A., Winarti, W., Rezieka, D. G., & Aulia, A. (2022). Improving Higher Order Thinking Skill (Hots) in Early Children Using Picture Story Book. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4611–4618. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2224.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324.
Nofayukisari, N., Harisanti, B. M., & Royani, I. (2021). Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Berbasis Pembelajaran Guided Inquiry. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 161–169. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i1.3760.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490.
Pramono, A. J. (2017). Aktivitas metakognitif siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 133–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6703.
S, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959.
Sahril, S., Idrus, A. Al, & Syukur, A. (2022). Pengembangan LKPD Pencemaran Lingkungan berbasis PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2379–2393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.863.
Susanti, S., Asyhari, A., & Firdaos, R. (2019). Efektivitas LKPD Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 64–78. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3987.
Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, D. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9436.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indra Himayatul
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)