Eksplorasi TPACK dan Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru dalam Mengajar Pasca Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • Dewa Ayu Puspawati Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • Anak Agung Inten Paraniti Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • Jittawisut Wimuttipanya Bansomdejchaopraya Rajabhat University, Bangkok, Thailand

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i3.67091

Kata Kunci:

TPACK, Smart TV, Motivasi, Microteaching

Abstrak

Pengajaran yang melibatkan TPACK merupakan pembelajaran yang sedang trend saat ini, karena dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Namun tidak semua mahasiswa calon guru mampu dan memiliki pengalaman meliterasikan TPACK dalam kegiatan pembelajaran. Penguasaan terhadap konten,kemampuan menyampaikan pembelajaran dan penggunaan teknologi menjadi hal yang wajib dibekali pada calon guru, sehingga sangat perlu diberikan pengalaman belajar untuk memanfaatkan TPACK berupa smart TV dalam praktik microteaching. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain pre-eskperimental dengan sampel 18 mahasiswa calon guru yang memprogram mata kuliah kemampuan dasar mengajar (microteaching) di Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Microteaching Unmas Denpasar dengan menggunakan Smart TV dalam kegiatan praktik mengajar. Data dikoleksi dengan menggunakan angket kemampuan menggunakan Smart TV, angket motivasi belajar FGD, dan selanjutnya diolah secara deskriptif kualitataif dan dilakukan triangulasi data.  Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru mendapatkan pengalaman mengajar dengan TPACK berupa Smart TV dan memanfaatkan fitur-fiturnya dengan optimal, sehingga termotivasi untuk meliterasikan TPACK dalam kegiatan pembelajaran yang kemudian berdampak positif terhadap kemampuan mengajarnya. Pemanfaatan fitur Smart TV merupakan literasi TPACK dalam pembelajaran yang akan menjadi modal mahasiswa calon guru untuk mengajar di kelas yang sebenarnya. Namun untuk dapat meliterasikan TPACK dalam kegiatan pembelajaran diperlukan media belajar dan jaringan internet yang stabil.

Referensi

Admiraal, W., van Vugt, F., Kranenburg, F., Koster, B., Smit, B., Weijers, S., & Lockhorst, D. (2017). Preparing pre-service teachers to integrate technology into K–12 instruction: evaluation of a technology-infused approach. Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 105–120. https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1163283.

Anggreni, N. L., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 214. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Backfisch, I., Lachner, A., Hische, C., Loose, F., & Scheiter, K. (2020). Professional knowledge or motivation? Investigating the role of teachers’ expertise on the quality of technology-enhanced lesson plans. Learning and Instruction, 66. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101300.

Bardach, L., & Klassen, R. M. (2021). Teacher motivation and student outcomes: Searching for the signal. Educational Psychologist, 56(4), 283–297. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1991799.

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074.

Calderón, A., Meroño, L., & MacPhail, A. (2020). (2020). A student-centred digital technology approach: The relationship between intrinsic motivation, learning climate and academic achievement of physical education pre-service teachers. European Physical Education Review, 26(1), 241–262. https://doi.org/10.1177/1356336X19850852.

Celik, I. (2023). Towards Intelligent-TPACK: An empirical study on teachers’ professional knowledge to ethically integrate artificial intelligence (AI)-based tools into education. Computers in Human Behavior, 138. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107468.

Chang, W. L., & Yeh, Y. chu. (2021). A blended design of game-based learning for motivation, knowledge sharing and critical thinking enhancement. Technology, Pedagogy and Education, 30(2), 271–285. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1885482.

Dani, R., Kukreti, R., Negi, A., & Kholiya, D. (2020). Impact of covid-19 on education and internships of hospitality students. International Journal of Current Research and Review, 12(21), 86–90. https://doi.org/10.31782/IJCRR.2020.SP54.

Destiana, B. J. P., Sarwono, S., & Wijayanti, P. (2023). The Effect of Problem-Based Flipped Classroom Learning Accompanied by Digital Literacy Using Edpuzzle on Spatial Problem-Solving Abilities for 7th-Grade Students at Pangudi Luhur Ambarawa Junior High School. International Journal of Social Science And Human Research, 06(04), 2344–2353. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i4-44.

Dharmayani, N. P. A. G., Agung, A. A. G., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 317–327. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767.

Farizi, Z. Al, Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4017.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Darin Matematika pada Masa pandemic COVID-19 di SMP Muslimin Cililin.”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Feng, M., & Xia, X. (2023). Examining the Association Between Pre-service Teachers’ Self-efficacy and TPACK Competencies in Online Internships Under COVID-19. In 2023 11th International Conference on Information and Education Technology (ICIET) (pp. 354–359). https://doi.org/10.1109/ICIET56899.2023.10111329.

Gunawan, D., Sutrisno, S., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11518.

Hayani, S. N., & Sutama. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871–2882. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2512.

Hortigüela-Alcalá, D., Sánchez-Santamaría, J., Pérez-Pueyo, Á., & Abella-García, V. (2019). Social networks to promote motivation and learning in higher education from the students’ perspective. Innovations in Education and Teaching International, 56(4), 412–422. https://doi.org/10.1080/14703297.2019.1579665.

Husna, A., & Fajar, D. M. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton’s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(1), 2022–2039. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.5857.

Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2023). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Model Stop Motion Terhadap Minat Belajar. Journal On Education:, 6(1), 7936–7941. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4166.

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.

Ismaeel, D. A., & Al Mulhim, E. N. (2022). E-teaching Internships and TPACK during the Covid-19 Crisis: The Case of Saudi Pre-service Teachers. International Journal of Instruction, 15(4), 147–166. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1549a.

Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. Retrieved from https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/665.

Kim, S., Jang, Y., Choi, S., Kim, W., Jung, H., Kim, S., &, & Kim, H. (2021). Analyzing Teacher Competency with TPACK for K-12 AI Education. KI - Kunstliche Intelligenz, 35(2), 139–151. https://doi.org/10.1007/s13218-021-00731-9.

Latip, A. (2020). Minat Belajar Peserta Didik SMP pada Pembelajaran STEM dengan Media Robot Edukasi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 90–96. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.353.

Lauermann, F., Eccles, J. S., & Pekrun, R. (2017). Why do children worry about their academic achievement? An expectancy-value perspective on elementary students’ worries about their mathematics and reading performance. ZDM, 49(3), 339–354. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0832-1.

Lozano-Lozano, M., Fernández-Lao, C., Cantarero-Villanueva, I., Noguerol, I., Álvarez-Salvago, F., Cruz-Fernández, M., … Galiano-Castillo, N. (2020). A blended learning system to improve motivation, mood state, and satisfaction in undergraduate students: Randomized controlled trial. Journal of Medical Internet Research, 22(5). https://doi.org/10.2196/17101.

Minarni, Malik, A., & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan 3D Pafe Flip pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2259–2306. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.15984.

Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285–291. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Pekrun. (2021). Teachers need more than knowledge: Why motivation, emotion, and self-regulation are indispensable. Educational Psychologist, 56(4), 312–322. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1991356.

Pramana, R. S., Imamora, M., Fazis, M., & Khairat, A. (2023). Pengaruh TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru. MANAZHIM, 5(2), 566-581. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3090.

Purnawati, W., Maison, M., & Haryanto, H. (2019). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.665.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Safitri, W., Susiawati, I., Fitriani, R., Nuramalia, S. R., & Fasehah, D. A. (2023). Potensi dan Efektivitas Pemanfatan Smart TV dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4725.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54.

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., Thaariq, Z. Z. A., & Qolbi, M. S. U. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14.

Theelen, H., Willems, M. C., van den Beemt, A., Conijn, R., & den Brok, P. (2020). Virtual internships in blended environments to prepare preservice teachers for the professional teaching context. British Journal of Educational Technology, 51(1), 194–210. https://doi.org/10.1111/bjet.12760.

Urfatullaila, L., Rahmawati, I., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.47476/as.v3i1.225.

Vhalery, R., Nur Alfilail, S., & Robbani, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Online “Google Classroom” Pada Minat Dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1). https://doi.org/10.37010/int.v2i1.271.

Yudapratama, A. F., Pradana, L. N., & Mursidik, E. M. (2022). Analisis minat belajar siswa menggunakan media Smart TV di Sdit Permata Ummat. In Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar (Vol. 3). Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2673.

Zanthy, L. S., Yuliani, A., & Minarti, E. D. (2020). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226.

Diterbitkan

2024-01-22

Cara Mengutip

Ekayanti, N. W. ., Puspawati, D. A. ., Paraniti, A. A. I. ., Noviyanti, P. L., & Wimuttipanya, J. . (2024). Eksplorasi TPACK dan Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru dalam Mengajar Pasca Pandemi Covid-19. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 12(3), 804–814. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i3.67091

Terbitan

Bagian

Articles