Enhancing Student Achievement Through Tailored Mathematics Instruction
DOI:
https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v13i1.82977Kata Kunci:
Pengembangan, Pembelajaran DiferensiasiAbstrak
Transisi pembelajaran dalam jaringan online menjadi pembelajaran tatap muka terbatas, memerlukan inovasi dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Terjadi penurunan dari segi intake peserta didik yang dibuktikan dengan adanya gejala ketercapaian tujuan pembelajaran secara klasikal dibawah 65%, tugas individu dan kelompok masih banyak yang tidak mengerjakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan pembelajaran matematika diferensiasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui kualitas pembelajaran matematika diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran matematika diferensiasi dengan diferensiasi kesukaran materi untuk materi Trigonometri yang dalam pengembangannya menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk tahap analisis digunakan asesmen diagnostik, sedangkan pada tahap implementasi dipergunakan analisis data kevalidan produk dengan menghitung rata-rata skor, analisis data untuk mengukur kepraktisan produk dengan menghitung rata-rata skor dan analisis data untuk mengukur keefektifan pembelajaran. Hasil analisis data kevalidan produk oleh dua pakar mendapatkan skor 3,825 termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan produk untuk kelas ujicoba sebesar 3,095 dan untuk kelas penelitian sebesar 3,165 dimana keduanya termasuk dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan produk yaitu berupa hasil tes belajar siswa untuk kelas uji coba memperoleh rata-rata 66,5 dengan peningkatan sebesar 11,375 dan untuk kelas penelitian memperoleh rata-rata 69 dengan peningkatan sebesar 12,375.
Referensi
Amalia, L., Ni, I., Kumalasari, E., Fajri Ma, P., & Ika Nurhidayah, R. (2023). 11 Implimentasi Project Based Learning (Leny Amalia. Dkk.) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 237–244. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10252069.
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i1.39.
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i1.32.
Gaitas, S., & Alves Martins, M. (2020). Teacher Perceived Difficulty In Implementing Differentiated Instructional Strategies In Primary School. International Journal Of Inclusive Education, 21(5), 544–556. Https://Doi.Org/10.1080/13603116.2016.1223180.
Geel, M., Keuning, T., & Safar, I. (2023). How Teachers Develop Skills For Implementing Differentiated Instruction: Helpful And Hindering Factors. Teaching And Teacher Education: Leadership And Professional Development, 1(February), 100007. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tatelp.2022.100007.
Gheyssens, E., Coubergs, C., Griful-Freixenet, J., Engels, N., & Struyven, K. (2019). Differentiated Instruction: The Diversity Of Teachers’ Philosophy And Praxis To Adapt Teaching To Students’ Interests, Readiness And Learning Profiles. International Journal Of Inclusive Education, 26(14), 1383–1400. Https://Doi.Org/10.1080/13603116.2020.1812739.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2020). Differentiated Learning In Mathematics Learning In The Independent Curriculum. Lebesgue Journal: Scientific Journal Of Mathematics Education, Mathematics And Statistics, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180.
Joseph, S., Thomas, M., Simonette, G., & Ramsook, L. (2020). The Impact Of Differentiated Instruction In A Teacher Education Setting: Successes And Challenges. International Journal Of Higher Education, 2(3), 28–40. Https://Doi.Org/10.5430/Ijhe.V2n3p28.
Kdise, E., Urath, S., Rangotwat, C. A., & Ratuanik, M. (2021). Wermaktian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Yang Berjumlah 17 Siswa. 2(12), 2013–2027.
Konstantinou-Katzi, P., Tsolaki, E., Meletiou-Mavrotheris, M., & Koutselini, M. (2020). Differentiation Of Teaching And Learning Mathematics: An Action Research Study In Tertiary Education. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 44(3), 332–349. Https://Doi.Org/10.1080/0020739x.2012.714491.
Kristina, B. T. & E. U. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Manipulatif Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 No 9(5), 1–10.
Nuhung, K. H. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 163–173.
Nurdina Hasanah, Sapna Andani Batubatara, & Dalilah Awanis. (2023). Metode Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 202–212. Https://Doi.Org/10.55606/Jurrimipa.V2i1.779.
Pasinggi, Y. S., & Thuken, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 28 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 9(1), 72. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V9i1.8445.
Peralbo-Uzquiano, M., Fernández-Abella, R., Durán-Bouza, M., Brenlla-Blanco, J.-C., & Cotos-Yáñez, J.-M. (2022). Evaluation Of The Effects Of A Virtual Intervention Programme On Cognitive Flexibility, Inhibitory Control And Basic Math Skills In Childhood Education. Computers & Education, 159(5), 104006.
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–346. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i2.650.
Rijal, M. R., & Oktaviani, R. (2017). Penerapa Metode Kumon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 75–92.
Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach Cognitive And Metacognitive Strategies To Support Learning And Independence. High Leverage Practices And Students With Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. Https://Doi.Org/10.4324/9781003175735-15.
Safitri, N., Safriana, S., & Fadieny, N. (2023). Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika (Jpif), 5(5), 246–255. Https://Journal.Uniga.Ac.Id/Index.Php/Jpif/Article/View/2811%0ahttps://Journal.Uniga.Ac.Id/Index.Php/Jpif/Article/Download/2811/1746.
Selian, F. H., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7370–7377. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i6.4083.
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A New Way Of Teaching Business Ethics: The Evaluation Of Virtual Reality-Based Learning Media. International Journal Of Management Education, 18(3), 100428. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijme.2020.100428.
Strogilos, V., Avramidis, E., Voulagka, A., & Tragoulia, E. (2021). Differentiated Instruction For Students With Disabilities In Early Childhood Co-Taught Classrooms: Types And Quality Of Modifications. International Journal Of Inclusive Education, 24(4), 443–461. Https://Doi.Org/10.1080/13603116.2018.1466928.
Suprayogi, M. N., & Valcke, M. (2018). Differentiated Instruction In Primary Schools: Implementation And Challenges In Indonesia. Ponte International Scientific Researchs Journal, 72(6), 2–18. Https://Doi.Org/10.21506/J.Ponte.2016.6.1.
Yuen, S. Y., Leung, C. C. Y., & Wan, S. W.-Y. (2023). Teachers’ Perceptions And Practices Of Differentiated Instruction: Cross-Cultural Validation Of The Differentiated Instruction Questionnaire In Hong Kong. International Journal Of Educational Research, 115(3), 102044.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Putu Ledyari Noviyanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)