ENHANCING STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH TAILORED MATHEMATICS INSTRUCTION

Penulis

  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengembangan, Pembelajaran Diferensiasi

Abstrak

Transisi pembelajaran dalam jaringan online menjadi pembelajaran tatap muka terbatas, memerlukan inovasi dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Terjadi penurunan dari segi intake peserta didik yang dibuktikan dengan adanya gejala ketercapaian tujuan pembelajaran secara klasikal dibawah 65%, tugas individu dan kelompok masih banyak yang tidak mengerjakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan pembelajaran matematika diferensiasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui kualitas pembelajaran matematika diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran matematika diferensiasi dengan diferensiasi kesukaran materi untuk materi Trigonometri yang dalam pengembangannya menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk tahap analisis digunakan asesmen diagnostik, sedangkan pada tahap implementasi dipergunakan analisis data kevalidan produk dengan menghitung rata-rata skor, analisis data untuk mengukur kepraktisan produk dengan menghitung rata-rata skor dan analisis data untuk mengukur keefektifan pembelajaran. Hasil analisis data kevalidan produk oleh dua pakar mendapatkan skor 3,825 termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan produk untuk kelas ujicoba sebesar 3,095 dan untuk kelas penelitian sebesar 3,165 dimana keduanya termasuk dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan produk yaitu berupa hasil tes belajar siswa untuk kelas uji coba memperoleh rata-rata 66,5 dengan peningkatan sebesar 11,375 dan untuk kelas penelitian memperoleh rata-rata 69 dengan peningkatan sebesar 12,375.

Biografi Penulis

Putu Ledyari Noviyanti, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Dosen Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Diterbitkan

2024-07-20

Cara Mengutip

Noviyanti, P. L. (2024). ENHANCING STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH TAILORED MATHEMATICS INSTRUCTION. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 13(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/82977

Terbitan

Bagian

Articles