ENHANCING STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH TAILORED MATHEMATICS INSTRUCTION
Kata Kunci:
Pengembangan, Pembelajaran DiferensiasiAbstrak
Transisi pembelajaran dalam jaringan online menjadi pembelajaran tatap muka terbatas, memerlukan inovasi dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Terjadi penurunan dari segi intake peserta didik yang dibuktikan dengan adanya gejala ketercapaian tujuan pembelajaran secara klasikal dibawah 65%, tugas individu dan kelompok masih banyak yang tidak mengerjakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan pembelajaran matematika diferensiasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui kualitas pembelajaran matematika diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran matematika diferensiasi dengan diferensiasi kesukaran materi untuk materi Trigonometri yang dalam pengembangannya menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk tahap analisis digunakan asesmen diagnostik, sedangkan pada tahap implementasi dipergunakan analisis data kevalidan produk dengan menghitung rata-rata skor, analisis data untuk mengukur kepraktisan produk dengan menghitung rata-rata skor dan analisis data untuk mengukur keefektifan pembelajaran. Hasil analisis data kevalidan produk oleh dua pakar mendapatkan skor 3,825 termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan produk untuk kelas ujicoba sebesar 3,095 dan untuk kelas penelitian sebesar 3,165 dimana keduanya termasuk dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan produk yaitu berupa hasil tes belajar siswa untuk kelas uji coba memperoleh rata-rata 66,5 dengan peningkatan sebesar 11,375 dan untuk kelas penelitian memperoleh rata-rata 69 dengan peningkatan sebesar 12,375.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Putu Ledyari Noviyanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)