Analysis of responses to the development of e-modules to improve students' critical thinking skills in reaction rate materials in the form of android applications
Kata Kunci:
Berpikir kritis, E-modul, Laju reaksiAbstrak
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada umumnya masih rendah, sehingga diperlukan bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap e-modul berbasis aplikasi android dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Sampel yang digunakan sebanyak 15 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian pendidik dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk berupa e-modul pada materi laju reaksi layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis respon peserta didik juga menunjukkan minat peserta didik yang tinggi terhadap e-modul yang dikembangkan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aulia Sanova, Dwi Agus Kurniawan, Elza Triani, Sri Muslimatul Husna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)