Analysis of responses to the development of e-modules to improve students' critical thinking skills in reaction rate materials in the form of android applications

Penulis

Kata Kunci:

Berpikir kritis, E-modul, Laju reaksi

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada umumnya masih rendah, sehingga diperlukan bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap e-modul berbasis aplikasi android dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Sampel yang digunakan sebanyak 15 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian pendidik dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk berupa e-modul pada materi laju reaksi layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis respon peserta didik juga menunjukkan minat peserta didik yang tinggi terhadap e-modul yang dikembangkan.

Biografi Penulis

Elza Triani, Universitas Jambi

Students in Faculty of Teaching and Education

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Sanova, A. ., Kurniawan, D. A., Triani, E., & Husna, S. M. (2024). Analysis of responses to the development of e-modules to improve students’ critical thinking skills in reaction rate materials in the form of android applications. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 13(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/85758