Pengaruh Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat “Kolok” Bengkala
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpai.v8i3.84845Keywords:
resiliensi, kesehatan, mental, kolok, BengkalaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap kesehatan mental masyarakat “Kolok” Bengkala. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan teknik regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data resiliensi dengan kuesioner dan kesehatan mental dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil korelasi pearson adalah 0,716 yang artinya hubungan antara resiliensi dan kesehatan mental berada pada kategori kuat dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi terhadap kesehatan mental. Persamaan garis regresi berdasarkan tabel koefisien korelasi adalah yang artinya setiap 1% penambahan variabel kesehatan mental maka resiliensi meningkat sebesar 3,429, nilai koefisien bernilai (+) maka resiliensi berpengaruh positif terhadap kesehatan mental. Simpulan terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi terhadap kesehatan mental. Saran untuk pemerintah, praktisi pendidikan, dan sukarelawan sosial dapat memberikan berbagai pelatihan diantaranya; mindfulness, yoga, cognitive reappraisal, humor, afirmasi positif, teknik-teknik relaksasi, meditasi, mengembangkan life skills, dan mengembangkan rasa bersyukur.
Kata kunci: resiliensi, kesehatan mental, kolok, Bengkala
References
Amelia, N., Aziz, A. R., & Huda, N. (2023). Hubungan Resiliensi Dengan Kesehatan Mental Emosional Pada Remaja. Nurse: Jurnal Of Nursing and Healt Sciences, 2(2), 124–132. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/nurse/article/view/36514
Bela Anggraini, F., Andriansyah, H., & Yolanda Pracella, A. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Resiliensi Dan Problem Solving Remaja di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. DAWUH : Islamic Communication Journal, 4(2), 52–59. https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i2.1096
Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental: Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19. International Conference on Islamic Studies (ICONIS), 19, 465–476. https://conference.iainmadura.ac.id/index.php/iconis/article/view/133/52
Faradisa, E., Kurniawati, N. D., & Wahyuni, E. D. (2023). Resiliensi dan Kondisi Psikologis Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Telenursing (JOTING), 5(1), 263–278. https://doi.org/10.31539/joting.v5i1.3900
Florensa, Sari, L., Hidayah, N., Yoursriatin, F., & Litawia, W. (2023). Edukasi Kesehatan Jiwa dalam Meningkatkan Resiliensi Remaja Kota Pontianak. Pengabdian Masyarakat, 5(8), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051
Kiptiah, M., Juniawan, H., & Purnama Atmaja, B. (2023). Pengaruh Pemberian Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Pemahaman Dalam Berhitung Perkalian Sederhana Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanah Bumbu. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 5(1), 70–82. https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5189
Kurniawati, D. (2024). Penerimaan dan Resiliansi Ibu dengan Anak Tuna Rungu. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 4(1), 049–059. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i1.4323
Liwan, A. S., IGA, T. W., IGAN, S. A., & . S. (2019). Karakteristik mental dan emosional anak disabilitas berdasarkan strength and difficulties questionairre di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Jimbaran, Bali. Medicina, 50(3), 569–575. https://doi.org/10.15562/medicina.v50i3.599
Made, N., Wisudariani, R., Luh, N., Sri, P., Ayu, S., Sriasih, P., Seniwati, N. P., & Wisnugiri, I. M. (2023). Proceedings of the 2nd International Conference on Languages and Arts across Cultures (ICLAAC 2022). In Proceedings of the 2nd International Conference on Languages and Arts across Cultures (ICLAAC 2022) (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-29-9
Miraharsari, A., & Hilmiyah, A. N. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Pada Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tunalaras). Jurnal Pendidikan Khusus, 02(02), 7–14. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/JUDIKHU/article/download/752/616/
Mirza, R., Lubis, A. F., Siagian, S. F., Simamora, S. S., Sitohang, Y. J. E., & Claudia, C. (2021). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Penyandang Tunarungu di Kota Binjai. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 21–30. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.32009
Nurzaman, Y., & Retnowati, S. (2019). Interpretative Phenomenological Analysis. Doing Social Psychology Research, 229–254. https://doi.org/10.1002/9780470776278.ch10
Octaviani, Y., & Yuningsih, Y. (2020). Kemampuan Interaksi Sosial Tunarungu di Kelurahan Batununggal Kota Bandung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial …, 1(2), 115–134. http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/1919
Putra, E. M. (2022). Resiliensi Anak Penyandang Disabilitas. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 154. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7020
Putra, R. S., Marin, Y. N., Pradhana, Y., & Rimbananto, M. R. (2021). Interaksi Simbolik Media Sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 11. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/30938/0
Putri, D. R. (2020a). Implementasi Regulasi Emosi dalam Meningkatkan Efikasi diri Difabel. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 70. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8241
Putri, D. R. (2020b). Tuhan Orang-Orang Kolok Desa Bengkala. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 12(2), 58–72. https://doi.org/10.36733/sphota.v12i2.988
Rahmadyanty, H. A., & Tsuroyya. (2023). Pengaruh Isi Pesan Kesehatan Mental Instagaram Rivil Terhadap Kemampuan Resiliensi. Commericum, 6(2), 39–48. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/download/51026/41746/
Rahmawati, W., & Armiati. (2023). Pengaruh Resiliensi Akademik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMKN 1 Painan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 21898–21905. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9988/8096
Sulistyawati, H., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Resiliensi Pada Penyandang Tuna Daksa Melalui Terapi Realitas : Literature Review. Talenta Psikologi, 11(2), 15–23. https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/1079
Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Ulfah Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Journal of Disability Studies and Research, 2(1), 29–42. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/1764
Waluyan, V. A., Setianingsih, E. S., & Saptariningsih, S. (2023). Hubungan Antara Kondisi Kesehatan Mental dengan Resiliensi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Semarang Tahun 2023. Inovasi Layanan BK Di Era Merdeka Belajar, 5, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Yulianti, E., Mayangsari, M. D., & Fauzia, R. (2017). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Resiliensi Pada Penderita Kanker Stadium Lanjut. Jurnal Ecopsy, 3(3), 137. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v3i3.2664
Zahro, A. L. Z., & Darmawanti, I. (2022). Resiliensi Penyandang Tuna Daksa yang Pernah Mengalami Bullying. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 10(01), 94–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53304%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53304/42771