PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR LINTAS MINAT BIOLOGI PADA SISWA KELAS X BAHASA SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 SAWAN

Authors

  • Luh Cahayaning Saraswati .
  • Nyoman Sugihartini, S.Pd., M.Pd. .
  • I Made Ardwi Pradnyana, S.T., M.T. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16079

Abstract

E-learning quipper school merupakan penghubung antar siswa dan guru dalam pembagian tugas mata pelajaran secara online dan sesuai dengan mata pelajaran yang diadaptasi dari kurikulum yang diterapkan di Indonesia. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh hasil belajar dalam menggunakan e-learning quipper school pada mata pelajaran Lintas Minat Biologi siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Sawan (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan e-learning mata pelajaran Lintas Minat Biologi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes pilihan ganda dan metode kuisioner untuk melihat respon siswa.Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa terdapat hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar menggunakan e-learning quipper school dan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran power point. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung sebesar 3.063328 dan ttabel sebesar 2.292891 untuk dk thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak. (2) respon siswa dari penerapan e-learning quipper school adalah positif dilihat dari rata-rata skor hasil angket respon siswa yaitu 89,4.
Kata Kunci : E-learning quipper school ,Lintas Minat Biologi, respon siswa

E-learning quipper school is a liaison between students and teachers in the division of online subject tasks and in accordance with subjects adapted from the curriculum applied in Indonesia. Therefore, this study aimed to find out (1) higher learning outcomes between students who learn using e-learning quipper school on the subjects of Biological Interest X graders in SMA Negeri 1 Sawan (2) the students responses after using e-learning in the subjects of Biological Interest.This type of research is a quasi-experimental design with Post Test Only Control Group Design. The research population includes all students of X Language Class at SMA Negeri 1 Sawan academic year 2017/2018. Data collection methods used were multiple choice test . Learning outcomes data were analyzed by conducting prerequisite tests which included normality test, homogeneity test and t-test.The results showed that (1) there were higher learning outcomes between students who learned using e-learning quipper school and students who learned using power point learning media in the subject of Cross Biology Interest in X Language class at SMA Negeri 1 Sawan. The results of the t-test analysis obtained t-count of 3.063328 and t-table of 2.292891 for tcount > ttable, it means that H0 was rejected. (2) the response of students from the application of e-learning quipper school was positively seen from the average score of the student response questionnaire that was 89.4.
keyword : E-learning quipper school, Cross Interest in Biology, student response

Published

2018-11-16

Issue

Section

Articles