PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • Ni Made Pirayanti UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i2.19521

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja dan (2) respon siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap pengimplementasian model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran TIK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling, maka ditetapkan siswa kelas VIII 2 sebanyak 42 orang sebagai kelompok eksperimen dan VIII 3 sebanyak 42 orang sebagai kelompok kontrol dengan total jumlah siswa sebanyak 84 orang. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes pilihan ganda (Kognitif) dan tes uji keterampilan (Psikomotor) dengan menggunakan instrumen yang sama. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dengan mengunakan perhitungan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 32,83 dengan standar deviasi 2,72 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) adalah 38,36 dengan standar deviasi 2,76. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. (2) Hasil pengujan hipotesis dengan menggunakan uji t, nilai t-hitung adalah 9,232028 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,989319, oleh karena t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Diperoleh respon siswa sebesar 69% yang tergolong pada kategori positif terhadap pengimplementasian model pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction (ATI). Kata kunci : eksperimen semu, model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), hasil belajar, respon siswa

Downloads

Published

2012-02-28

Issue

Section

Articles