Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Authors

  • Ni Made Wiwit Suarnovitarini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi dengan menerapkan model pembelajaran
Team Assisted Individualization, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan
model pembelajaran TAI.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukasada Singaraja, di mana
melibatkan siswa kelas XI IS 2 (28 siswa) tahun ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan respon siswa terhadap
penerapan model pembelajaran TAI pada mata pelajaran TIK. Data hasil belajar siswa
dikumpulkan melalui tes kognitif dan lembar observasi afektif serta psikomotor,
sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket tertutup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan hasil belajar
siswa. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar
64,29%, dan pada siklus II sebesar 82,14%. Hasil belajar ini mengalami peningkatan
sebanyak 17,85%. (2) rata-rata respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran
TAI tergolong positif yaitu sebesar 44,96. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran TAI pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar dan
mendapatkan respon positif dari siswa.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles