Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012

Authors

  • Ketut Budi Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19535

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa kelas VIIB6 pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Singaraja tahun
ajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing; 2) mengetahui respon siswa kelas VIIB6 pada mata pelajaran TIK di Negeri 4
Singaraja tahun ajaran 2011/2012 terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe snowball throwing.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan
siklus II yang terdiri dari tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan pembelajaran dan
satu kali test evaluasi akhir siklus. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VIIB6 SMP
Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2011/2012 dengan objek penelitian berupa hasil belajar
dan respon siswa dalam materi perangkat lunak program aplikasi melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Hasil belajar siswa diperoleh
dengan menggabungkan nilai tes akhir pertemuan dan nilai test akhir siklus yaitu satu
(1) kali nilai test akhir pertemuan ditambah tiga (3) kali nilai test akhir siklus dibagi 4.
Rata-rata skor hasil belajar siswa dihitung dengan membagi jumlah seluruh skor siswa
dengan jumlah siswa, dan untuk ketuntasan klasikal dihitung dengan membagi jumlah
siswa yang memperoleh skor ≥75 dibagi jumlah siswa dikali 100%. Untuk respon siswa
pengambilan data menggunakan angket tertutup yang terdiri dari 25 item pernyataan.
Rata-rata respon siswa dihitung dengan rumus jumlah seluruh skor respon siswa dibagi
dengan jumlah siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) terjadi peningkatan rata-rata hasil
belajar siswa sebesar 10,56% yaitu rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,84 menjadi
80,40 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat sebesar 50%, yaitu siswa yang
dinyatakan tuntas pada siklus I sebesar 50% dan meningkat pada siklus II menjadi
100%. Jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus I sebanyak 14 orang, dan siswa
yang dinyatakan tuntas pada siklus II sebanyak 28 orang, (2) respon siswa terhadap
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran
TIK khususnya dalam materi perangkat lunak program aplikasi adalah positif dengan
rata-rata sebesar 75,29 dengan kualifikasi setuju.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles