Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2011/2012

Authors

  • Ni Wayan Eva Nurhayati Eva Nurhayati UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i2.19537

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament; 2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournament; 3)mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri pada tahun ajaran 2011/2012 dengan objek penelitian berupa motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan lembar angket terbuka, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes kognitif, tes psikomotor dan lembar observasi afektif. Sedangkan untuk respon siswa pengambilan data menggunakan angket terbuka. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil motivasi belajar siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 64,6 dengan kualifikasi cukup tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 75,77 dengan kualifikasi tinggi, 2) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 10% yakni dari 70, 53 pada siklus I menjadi 77, 86 pada siklus II dengan kualifikasi tuntas. Sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 67% menjadi 93% pada siklus II, 3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran TIK khususnya dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer adalah positif dengan rata-rata sebesar 85,70.

Downloads

Published

2012-02-28

Issue

Section

Articles