Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2011/2012

Authors

  • Rahayu Nuryanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatkan hasil belajar TIK
siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Sukasada melalui implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), dan (2) respon siswa kelas X.5 SMA
Negeri 1 Sukasada terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan
berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1
Sukasada pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, sebanyak 28 orang yang
terdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Objek penelitian adalah (1) hasil
belajar TIK, dan (2) respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Data hasil belajar siswa diperoleh
melalui tes dan observasi sedangkan data respon siswa diperoleh menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar TIK
siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Sukasada melalui implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Besar peningkatan rata-rata skor hasil
belajar TIK siswa adalah 11,47 yaitu dari 59,87 dengan kategori cukup pada siklus I
menjadi 71,34 dengan kategori baik pada siklus II. Besar presentase peningkatan
ketuntasan klasikal adalah 17,86% yaitu dari 57,14% pada siklus I menjadi 75,00%
pada siklus II, dan (2) respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tergolong dalam kategori positif
dengan rata-rata skor respon siswa sebesar 46,43.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles