PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA KELAS X TB4 SMK NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2011-2012

Authors

  • Ni Wayan Purni Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar KKPI siswa  dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Practice-Rehearsal Pairs (Praktik Berpasangan).  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek 32 siswa kelas XTB4 pada semester 2 SMK Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2011/2012. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dan 1 kali tes akhir siklus. Penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas, lembar observasi aspek afektif, lembar observasi aspek psikomotor, tes akhir siklus untuk mengukur aspek kognitif dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa yang di analisis secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa dengan rata-rata 8,4 yang berkategori sedang pada siklus I, menjadi 11,6 berkategori aktif pada siklus II.  Hasil belajar siswa dari refleksi awal, siklus I ke siklus II meningkat. Ketuntasan klasikal sebesar 38,32% pada refleksi awal menjadi 81,25% pada siklus I, dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Persentase peningkatan ketuntasan klasikal dari refleksi awal ke Siklus II mencapai 55,52%. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan strategi Praktik Berpasangan pada Mata Pelajaran KKPI di kelas adalah positif. Skor rata-rata respon siswa adalah 78,25 dengan kategori positif.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles