PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA PADA SISWA KELAS X.2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • GEDE EKA PAYANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i2.19565

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran  TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar TIK kelas X.2 SMA Negeri 1 Sawan,  (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TSTS.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2011/2012. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.2 yang berjumlah 65 orang. Kelas X.2 digunakan sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah model pembelajaran TSTS, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dan uji- t. Sedangkan untuk respon  menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen (1) terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelaran TSTS. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran langsung adalah 33,86 dengan standar deviasi 2,67 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran TSTS adalah 37,38 dengan standar deviasi 3,08. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TSTS  lebih tinggi dari model pembelajaran langsung.(2) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 44,81 dengan persentase respon siswa sebesar 21,88% merespon sangat positif, 71,88% merespon positif,  dan 6,25% merespon cukup postif terhadap penerapan model pembelajaran TSTS.

Downloads

Published

2012-02-28

Issue

Section

Articles