HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN POLA ASUH KELUARGA DENGAN PRESTASI MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 BANJAR TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • Dian Fitriani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i1.19566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Derajat keterhubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar TIK pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banjar, (2) Derajat keterhubungan antara pola asuh keluarga terhadap prestasi belajar TIK pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banjar, dan (3) Derajat hubungan antara disiplin belajar, dan pola asuh keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar TIK pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banjar.

Populasi penelitian ini adalah para siswa SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2011/2012, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 143 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftip kualitatif. Oleh karena itu dipergunakan angket/koesioner untuk mengukur pola asuh keluarga sedangkan untuk disiplin dan prestasi belajar diambil dari nilai buku saku dan rapor semester genap Tahun Ajaran 2010/2011. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic parametric dengan uji prasyarat  normalitas, linieritas, dan keberartian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar TIK SMP Negeri 3 Banjar, pengaruh tersebut dapat dilihat pada nilai thitung  untuk disiplin belajar siswa menunjukkan angka 4,164sedangkan besarnya ttabel adalah 1,977, serta nilai signifikansi untuk disiplin belajar sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh keluarga terhadap prestasi belajar TIK SMP Negeri 3 Banjar, pengaruh tersebut dapat dilihat pada nilai thitung untuk pola asuh keluarga menunjukkan angka 6,707sedangkan besarnya ttabel adalah 1,977, serta nilai signifikansi untuk pola asuh keluarga sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. (3) Secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan pola asuh keluarga terhadap prestasi mata pelajaran TIK. Pengaruh yang signifikan ini ditandai dari besarnya Fhitung yang diperoleh sebesar 215,958 > Ftabel (3,061). Dilihat dari koefisien korelasi variabel disiplin belajar mempunyai koefisien korelasi lebih tinggi yaitu sebesar 0,464 dibandingkan pola asuh keluarga yang berkoefisien korelasi sebesar 0,189 terhadap  variabel prestasi. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk medisiplin belajar terhadapBanjar, (2) Derajat keterhubungan antaraTIK pada siswa kelasdisiplin belajar, dan pola asuh keluargaTIK pada siswa kelasPopulasi peneli2011/2012, sampel penelitian ini adalah siswa kelasPenelitian ini merupakan penelitian deskriftip kualitatif. Oleh karena itudipergunakan angket/disiplin dan prestasi belajarTahun Ajaran 2010/2011statistic parametric denganHasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)signifikan antara disiplin belajar terhadappengaruh tersebut dapat dilihat padamenunjukkan angkasignifikansi untuk disiplinpengaruh yang positif dan signifikan antarabelajar TIK SMP Negeri 3 Banjaruntuk pola asuh keluarga1,977, serta nilai signifikansi untuk0,05. (3) Secara bersamadisiplin belajar danPengaruh yang signifikan ini215,958 > Ftabel (3,061mempunyai koefisienasuh keluarga yang berkoefisien korelasi sebesarTAHUN AJARAN 2011/2012OlehDian Fitriani, NIM 0715051012Jurusan Pendidikan Teknik InformatikaFakultas Teknik dan KejuruanUniversitas Pendidikan GaneshaEmail : dianfitriani@rocketmail.comABSTRAKmengetahui (1) Derajat keterhubungan antaraprestasi belajar TIK pada siswa kelas IXerajat pola asuh keluarga terhadap prestasiIX SMP Negeri 3 Banjar, dan (3) Derajat hubungan antarasecara bersama-sama terhadapIX SMP Negeri 3 Banjar.penelitian ini adalah para siswa SMP Negeri 3 BanjarIX yang berjumlahkoesioner untuk mengukur pola asuh keluargadiambil dari nilai buku saku dan rapo2011. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalahengan uji prasyarat normalitas, linieritas, dan keberartian.Terdapat pengaruhprestasi belajar TIK SMnilai thitung untuk disiplin4,164 sedangkan besarnya ttabel adalah 1,9belajar sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05pola asuh keluargaBanjar, pengaruh tersebut dapat dilihat padamenunjukkan angka 6,707 sedangkan besarnyapola asuh keluarga sebesar 0,00 lebih kecil daribersama-sama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antarapola asuh keluarga terhadap prestasi mata pelajaranditandai dari besarnya Fhitung yang diperoleh sebesar3,061). Dilihat dari koefisien korelasi variabelkorelasi lebih tinggi yaitu sebesar 0,4640,189 terhadap variabelISSN 2252-9063Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika(KARMAPATI)Volume 1, Nomor 1, Mei 201242erajat SMP Negeri 3belajarerajat prestasi belajarTahun Ajaran143 orang.sedangkan untukrapor semester genapanalisispositif danSMP Negeri 3 Banjar,belajar siswa1,977, serta nilai0,05. (2) Terdapatterhadap prestasinilai thitungedangkan ttabel adalahTIK.g disiplin belajardibandingkan polaprestasi.

Downloads

Published

2012-01-30

Issue

Section

Articles