PENDEKATAN PEMBELAJARAN MASALAH TERBUKA (OPEN ENDED) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 3 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i5.19573Abstract
Penelitian tentang perbaikan kualitas pembelajaran teknologi informasi komunikasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Mengwi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan Pendekatan pembelajaran masalah terbuka (open ended). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Mengwi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 42 orang siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknologi informasi komunikasi. Data mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa ini dianalisis secara deskriptif kualitatif sesuai dengan kriteria penilaian. Dengan tindakan yang dilakukan ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi tinggi. Hasil belajar klasikal mengalami peningkatan dari 76,19 % menjadi 90,47 %, siswa mencapai nilai ≥ 75. Berdasarkan hal tersebut tindakan yang dilakukan pada pembelajaran teknologi informasi komunikasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan hasil yang memuaskan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.