IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE DRILL DAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • I Gusti Lanang Agung Raditya Putra Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19575

Abstract

Penelitian tentang perbaikan kualitas pembelajaran teknologi informasi komunikasi pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan implementasi improving learning melalui metode drill dan resitasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 orang siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknologi informasi komunikasi. Data mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa ini dianalisis secara deskriptif kualitatif sesuai dengan kriteria penilaian masing-masing aspek. Dengan tindakan yang dilakukan ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik. Hasil belajar klasikal mengalami peningkatan dari 29,92 % menjadi 88,89 %, siswa mencapai nilai ≥ 75. Berdasarkan hal tersebut tindakan yang dilakukan pada pembelajaran teknologi informasi komunikasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan hasil yang memuaskan.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles