Pengembangan Game Edukatif Instalasi Ubuntu Desktop

Authors

  • Gede Agus Khusuma Wardana UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19587

Abstract

Pembelajaran Instalasi Ubuntu Desktop dewasa ini biasanya dikemas dalam wadah yang membosankan sehingga dapat mengurangi prestasi, kreatifitas, dan daya tangkap peserta didik terhadap materi yang disajikan. Peserta didik membutuhkan pembelajaran yang inovatif, berkesan, dan menambah rasa ingin tahu mereka terhadap materi yang dipelajari. Dewasa ini terdapat banyak cara yang inovatif dalam penyajian materi pembelajaran seiiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang diterima oleh peserta didik, seperti Game edukatif. Game edukatif merupakan salah satu sarana pembelajaran yang pada umumnya memiliki sifat menyenangkan namun disisi lain mempunyai sifat yang mendidik, serta bermanfaat untuk menambah daya kreatifitas dan daya tangkap terhadap materi yang disajikan. Untuk membuat sebuah media pembelajaran yang inovatif maka dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk merancang dan mengimplemantasikan sebuah Game Edukatif tentang Instalasi Ubuntu Desktop.
Game ini memiliki tujuh tantangan di setiap step instalsinya, ketujuh tantangan tersebut mengikuti jumlah step instalasi ubuntu desktop yang terdiri dari tujuh step. Tantangan yang pertama merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh pemain untuk mendapatkan jawaban instalasi ubuntu desktop pada step yang pertama, begitu seterusnya sampai pemain mendapatkan ketujuh jawaban dari step instalasi ubuntu desktop. Setiap tantangan memiliki jenis permainan yang berbeda seperti, quis, adventure, shooting, racing, dan guitar. Hasil penelitian ini adalah sebuah game edukatif instalasi ubuntu
desktop. Game ini dibuat dengan Adobe Flash CS 3 dan Audacity sebagai pengolah suara. Game ini juga diimplementasikan dan telah diujicobakan pada sistem operasi berbasis Windows. Karena berbasis flash, maka game ini dapat dimainkan di semua sistem operasi.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles