PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MODELING THE WAY BERBANTUAN CLASSROOM BLOGGING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 SERIRIT TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • Made Agus Janardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
TIK siswa melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi modeling the way
berbantuan classroom blogging, serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan
model pembelajaran kooperatif dengan strategi modeling the way berbantuan classroom
blogging.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research pada kelas X-5 di SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran
2011/2012 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi, praktikum, tugas, tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran
kooperatif dengan strategi modeling the way berbantuan classroom blogging dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 44.12% dengan kategori cukup aktif
pada siklus I menjadi 58.82% dengan kategori sangat aktif pada siklus II, (2) penerapan
model pembelajaran kooperatif dengan strategi modeling the way berbantuan classroom
blogging dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I rata-rata hasil
belajar siswa diperoleh sebesar 75,48 dengan kategori tidak tuntas meningkat pada
siklus II menjadi 88,62 dengan kategori tuntas, daya serap siswa pada siklus I diperoleh
sebesar 75,48% dengan kategori tidak tuntas meningkat pada siklus II menjadi 88,62%
dengan kategori tuntas, dan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh sebesar 41,18%
dengan kategori tidak tuntas kemudian meningkat menjadi 94,12% dengan kategori
tuntas, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi modeling the way
berbantuan classroom blogging mendapatkan respon positif dari siswa dengan
persentase 88,24%. Hipotesis tindakan pada penelitian ini diterima, dengan demikian
model pembelajaran kooperatif dengan strategi modeling the way berbantuan classroom
blogging dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles