PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP NEGERI 3 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • I Ketut Ayu Mustika Parwita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i5.19593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar setiap akhir siklus. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data-data yang telah dikumpulkan tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran berbasis proyek meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu dari 76,05 dengan ketuntasan klasikal 72,73% pada siklus I menjadi 82,42 dengan ketuntasan klasikal 100% pada siklus II, 2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek meningkatkan nilai rata-rata motivasi belajar TIK siswa, yaitu dari 75,39 dengan standar deviasi 11,10 yang berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 83,58 tandar deviasi 9,65 dengan kategori juga tinggi pada siklus II, 3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 42.58 dengan kategori positif.

Downloads

Published

2012-05-30

Issue

Section

Articles