PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • Ni Komang Lia Satriani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan media
pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil
belajar KKPI kelas kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 1 Sukasada tahun ajaran
2011/2012, (2) respon siswa penerapan media pembelajaran berbasis model
pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan
rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2011/2012.
Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia 1 dan X
Multimedia 3 yang berjumlah 61 orang. Kelas X Multimedia 3 digunakan sebagai
kelas eksperimen dan X Multimedia 1 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua jenis
variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah media pembelajaran
yang digunakan, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur
ranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah psikomotor. Data hasil
belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji
normalitas, uji homogenitas dan uji t. Sedangkan untuk respon dan metode angket.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, uji normalitas dan
homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan tidak homogen. (1) Nilai
rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan media pembelajaran NHT adalah
40,32 dan memiliki standar deviasi 2,89. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok
siswa dengan media pembelajaran konvensional adalah 32,8 dengan standar
deviasi 4,28. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan media
pembelajaran NHT memiliki nilai yang lebih tinggi dari media pembelajaran
konvensional, (2) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 60,84, dengan
persentase respon siswa sebesar 25,81% merespon sangat positif, 70,97%
merespon positif, dan 3,23% merespon cukup postif terhadap penerapan media
pembelajaran NHT.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles