ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK ONLINE UNDIKSHA (SURVEY PADA MAHASISWA SEMESTER 3 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)

Authors

  • Putu Herry Suwitro UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i2.19619

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat senantiasa diiringi dengan teknologi yang semakin canggih. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta dalam rangka menghadapi era globalisasi, sebuah organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat yang diperlukan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Penelitian mengenai kualitas pelayanan administrasi akademik online Undiksha (survey pada mahasiswa semester tiga Universitas Pendidikan Ganesha) ini ditujukan guna meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Undiksha. Sampelnya adalah mahasiswa Undiksha semester tiga dengan jumlah sampel sebanyak 257 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan. Pengumpulan data pada survei lapangan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengujian statistik dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel 2007. Dari hasil survei dan analisis yang dilakukan diketahui bahwa tanggapan mahasiswa Undiksha semester tiga terhadap kualitas pelayanan administrasi akademik online Undiksha adalah baik. Terlihat dari keseluruhan faktor pada pelayanan administrasi akademik online Undiksha. Melihat hasil tersebut, ada baiknya kualitas pelayanan lebih dibenahi lagi, seperti kinerja petugas diperbaiki dengan cara petugas/admin tanggap dalam merespon keluhan-keluhan mahasiswa apabila terjadi kesalahan dalam proses administrasi akademik. Solusi untuk lingkup sistem bisa diperbaiki dengan meningkatkan fasilitas hardware, software maupun fasilitas pendukung lainnya.

Downloads

Published

2013-02-28

Issue

Section

Articles