PENERAPAN MODEL DESIGN BASED LEARNING (DBL ) dalam PEMBELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI dan HASIL BELAJAR SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i2.19622Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran DesignBased Learning, dan (2) mengetahui respon siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning pada pelajaran TIK. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 35 orang. Sedangkan objek penelitianya adalah (1) hasil belajar siswa, dan (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning pada pelajaran TIK. Pengumpulan data
hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi , dan data untuk respon
siswa dikumpulkan melalui angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan
analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I untuk nilai rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 83,25 dan presentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar 74%, sedangkan
pada siklus II menjadi 85,82 dan 100%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning dalam pembelajaran TIK berada pada kategori
positif dengan rata-rata skor sebesar 47.
Downloads
Published
2013-02-28
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.