Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kubutambahan Tahun Pelajaran 2012/2013

Authors

  • Kadek Maindra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Sudirtha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)meningkatkan
aktivitas siswa kelas kelas XII IPA2 SMA Negeri
Kubutambahan melalui penerapan model
Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (MEA)
hasil belajar TIK siswa kelas XII IPA2
Kubutambahan melalui penerapan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (MEA) dan (3)
Mengetahui respon siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1
Kubutambahan melalui penerapan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (
pembelajaran TIK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1
Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 30 orang.
Objek penelitianya adalah (1) Aktivitas Belajar Siswa, (2) Hasil
Belajar Siswa dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran TIK
melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means
Ends Analysis (MEA). Data tentang aktivitas dan hasil belajar
TIK siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi dan
data respon siswa dikumpulkan melalui angket. Data-data yang
dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan, pada siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan
klasikal siswa sebesar 76,38 dan 60%. Pada siklus II menjadi
82,26 dan 86,67%, untuk aktivitas belajar pada sikus I sebesar
8,25 pada siklus II menjadi 9,50. Hasil analisis respon siswa
terhadap penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means
Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran TIK adalah positif
dengan rata-rata skor sebesar 39,73.

Downloads

Published

2013-08-31

Issue

Section

Articles