Hubungan Antara Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Kemandirian Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia (Studi Kasus: SMK Negeri Se-Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013)

Komang Ayu Arisma Dewi, Made Windu Antara Kesiman, Dessy Seri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri seKabupaten Buleleng, (2) mengetahui hubungan antara kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng, (3) mengetahui hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng yaitu pada SMK Negeri 3 Singaraja dan SMK Negeri 1 Sukasada. Sampel dari penelitian ini adalah wakil dari populasi sebanyak 177 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba intrumen penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Seririt sebanyak 70 peserta didik kompetensi keahlian Multimedia. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji prasyarat normalitas, linearitas dan keberartian arah regresi, serta multikolinieritas. Hasil Penelitian adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 32,8%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian
Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 18,7%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 35,6%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.