Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Komputer Pada Siswa Kelas X/TKJ SMK TI Bali Global Singaraja

Authors

  • I Wayan Ardana UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Gede Sudirtha UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Dessy Seri Wahyuni UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i3.19659

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk [1] meningkatkan hasil belajar Jaringan Komputer siswa kelas X/TKJ SMK TI Bali Global Singaraja dan [2] mengetahui respon siswa kelas X/TKJ SMK TI Bali Global Singaraja terhadap Penerapan Model Pembelajaran ICI  pada pelajaran Jaringan Komputer.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X/TKJ SMK TI Bali Global Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 13 orang. Sedangkan objek penelitianya adalah [1] hasil belajar siswa serta [2] respon siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran ICI pada pelajaran Jaringan Komputer . Pengumpulan data hasil belajar Jaringan Komputer siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi serta data respon siswa dikumpulkan melalui angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I  untuk nilai rata-rata hasil belajar dan presentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar 78.19 dan 69.23% pada siklus II menjadi 84 dan 92.31%. Selain itu, respon siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran ICI pada pelajaran Jaringan Komputer adalah positif dengan rata-rata skor sebesar 48.

Downloads

Published

2013-05-02

Issue

Section

Articles