Pengaruh Penerapan Modul Ajar Aplikasi Basis Data Dengan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (Studi Kasus : SMK Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2012/2013)
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19684Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2012/2013, (2) respon siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Tabanan terhadap penerapan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan yaitu kelas X TI 1 dan X TI 2 yang berjumlah 66 orang. X TI 1 digunakan sebagai kelas eksperimen dan X TI 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda, uraian dan kuis untuk mengukur ranah kognitif, tes unjuk kerja untuk mengukur ranah psikomotor dan observasi untuk mengukur ranah afektif. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dan uji- t. Sedangkan untuk respon menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen (1) terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan terhadap siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran langsung adalah 76 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R adalah 83. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. (2) diperoleh rata-rata respon siswa yang berada pada kategori positif terhadap penerapan modul ajar aplikasi basis data dengan model pembelajaran SQ3R.Downloads
Published
2013-08-31
Issue
Section
Articles
License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.