Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII (Studi Kasus : SMPN 2 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013)
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19687Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SMPN 2 Sawan, diketahui bahwa permasalahan yang terjadi adalah guru masih menganggap kemampuan semua siswa sama dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa sehingga belum tercapainya hasil belajar TIK sesuai dengan yang diharapkan Oleh sebab itu, peneliti mengambil solusi menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan perangkat lunak aplikasi dan kegunaan program aplikasi, (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sawan tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA2 sebagai kelas eksperimen dan VIIB3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Serta terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran koopertif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa, ini dapat dilihat dari Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle.Downloads
Published
2013-08-31
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.