Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII (Studi Kasus : SMPN 2 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013)

Authors

  • Pande Made Dwi Putranjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19687

Abstract

Berdasarkan  hasil  observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SMPN 2 Sawan, diketahui bahwa permasalahan yang terjadi adalah guru masih menganggap kemampuan semua siswa sama dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa sehingga belum tercapainya hasil belajar TIK sesuai dengan yang diharapkan Oleh sebab itu, peneliti mengambil solusi menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle  pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan perangkat lunak aplikasi dan kegunaan program aplikasi, (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sawan tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA2 sebagai kelas eksperimen dan VIIB3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Serta terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran koopertif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa, ini dapat dilihat dari Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle  lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle.

Downloads

Published

2013-08-31

Issue

Section

Articles