Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII (Studi Kasus : SMP Negeri 4 Singaraja) Tahun Ajaran 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19691Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SMP Negeri 4 Singaraja, diketahui bahwa permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran TIK, siswa jarang bertanya dan jarang terjadi diskusi di kelas, sehingga kondisi di elas menjadi kurang kondusif. Oleh sebab itu, peneliti mengambil solusi menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran CIRC pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan Software (Perangkat Lunak), (2) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran CIRC. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B2 sebagai kelas eksperimen dan VII B4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar tik yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran CIRC dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran CIRC.Downloads
Published
2013-08-31
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.