AUGMENTED REALITY BOOK Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti

Authors

  • Putu Suarningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Padma Nyoman Crisnapati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Unipersitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i4.19702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi dengan cara  mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk memperkenalkan Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti secara lebih interaktif dan menarik. Sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk mempelajari buku tentang kebudayaan Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti. Dalam mengembangkan aplikasi ini menggunakan model waterfall sampai tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan bantuan buku dan smartphone android untuk menampilkan objek tiga dimensi bangunan  Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti beserta suara narasi penjelasannya.  Penelitian ini menghasilkan sebuah buku yang berisikan informasi dan gambar terkait Pura Luhur Andakasa dan Pura Silayukti, serta aplikasi Augmented Reality Book berbasis android yang mampu menampilkan objek tiga dimensi bangunan pura tepat di atas gambar lengkap dengan suara narasi penjelasan dalam bahasa inggris. Sehingga aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan.

Downloads

Published

2014-08-31

Issue

Section

Articles