Pengaruh Penerapan Pendekatan Liberal (Bebas) dengan Teknik Forum Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas VIIdi SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2012/2013

I Putu Hendra Tresnadana Sueca, Luh Putu Eka Damayanthi, Dessy Seri Wahyuni, I Made Gede Sunarya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan liberal (bebas) dengan teknik forum terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sukasada.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2012/2013.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII F yang berjumlah 61 orang.Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII D dan kelas VII F digunakan sebagai kelas kontrol.Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberikan tes yang berbentuk pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif.Data hasil belajar TIK selanjutnya dianalisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, kedua kelompok berdistribusi normal dan homogeny.Sedangkan untuk uji t menunjukkan nilai thitung< nilai ttabel yaitu 0,510 < 2,000. Hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajr Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan liberal (bebas) dengan teknik forum dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.