Pengembangan Modul Ajar Melakukan Perawatan Personal Computer (PC) Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Di SMK Negeri 2 Seririt
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19722Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk merancang pengembangan dan mengimplementasikan modul ajar melakukan perawatan Personal Computer (PC) untuk siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Seririt. (2) Untuk mengetahui respon siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Seririt terhadap pengembangan modul Melakukan Perawatan Personal Komputer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Seririt tahun ajaran 2012/2013. Untuk mengetahui siswa terhadap modul ajar diperoleh dengan menggunakan metode angket. Pengembangan modul ajar melakukan perawatan Personal Computer (PC) informasi dengan pendekatan inkuiri ini menggunakan tahapan-tahapan pengembangan draf. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 32,26% persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 67,74%, dan tidak ada siswa yang memberikan respon ragu-ragu, negatif maupun sangat negatif. Skor rata-rata respon siswa yang diperoleh adalah sebesar 45,84. Skor tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan Modul ajar Melakukan Perawatan Personal Komputer berada pada kategori positif.Downloads
Published
2013-08-31
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.