Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012

Authors

  • Ni Putu Aryani Utami

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19726

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : (1) peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII F pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition; (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII F pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition; (3) mengetahui respon siswa kelas VIII F terhadap penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Singaraja pada tahun ajaran 2011/2012 dengan objek penelitian berupa motivasi belajar, hasil belajar dan respon siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan lembar angket terbuka, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes kognitif, tes psikomotor dan lembar observasi afektif. Sedangkan untuk respon siswa pengambilan data menggunakan angket terbuka. Data motivasi belajar, hasil belajar dan respon siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menentukan skor rata-rata yang diperoleh dari membagi jumlah skor dengan banyaknya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan hasil motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 54,41 sedangkan pada siklus II sebesar 56,62 dengan kualifikasi tinggi; (2) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 13,5% yakni dari 77,74 pada siklus I menjadi 88,33 pada siklus II dengan kualifikasi tuntas. Sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 73,53% menjadi 100% pada siklus II; (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran TIK adalah positif dengan rata-rata sebesar 62,38.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles