PENERAPAN MODEL CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIIIB DI SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • Ni Made Novi Widiyanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i4.19728

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatkan aktivitas belajar TIK siswa, (2) peningkatkan hasil belajar TIK siswa, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran dan Komunikasi. Penelitian ini dimana pemahaman siswa mengenai materi ajar rendah serta keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran yang kurang menyebabkan hasil bela Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitiannya adalah (1) aktivitas belajar, (2) hasil belajar, dan (3) respon siswa terhadap model pembelajaran yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan adalah tes formatif, lembar observasi, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TIK dengan penerapan model pembelajaran kooperatif model belajar siswa, (2) meningkatkan mendapatkan respon positif siswa terhadap pembelajaran TIK. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata belajar kelas dari nilai 18,35 dengan kategori cukup aktif pad 20,92 dengan kategori aktif pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar TIK siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata dengan nilai 67,71 meningkat sebesar siklus II meningkat sebesar pembelajaran CORE daya serap siswa. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 71, 82,86% pada siklus II. Daya serap siswa pada siklus I sebesar 73% menjadi 78,89% pada siklus II. Sedangkan untuk respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CORE data 49% siswa yang merespon sangat positif, 37% siswa merespon positif, 14% merespon cukup positif dan tidak ada siswa yang merespon negatif ataupun sangat

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles