Studi Komparasi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Drill Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar TIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i8.19752Abstract
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui (1) perbedaan pengaruh
penggunaan model pembelajaran Reciprocal
Teaching dengan model pembelajaran Drill
terhadap aktivitas belajar TIK (2) perbedaan
pengaruh penggunaan model pembelajaran
Reciprocal Teaching dengan model
pembelajaran Drill terhadap hasil belajar TIK.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu (quasi experiment) dengan rancangan
penelitian Posttest Only Control Grup Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Selat tahun ajaran
2012/2013. Sebagai sampel dalam penelitian
ini adalah kelas VIII B dan VIII C yang
berjumlah 55 orang. Kelas VIII B digunakan
sebagai kelas eksperimen pertama dengan
model pembelajaran Recipocal Teaching dan
kelas VIII C sebagai kelas eksperimen kedua
dengan model pembelajaran Drill.
Berdasarkan hasil analisis data yang
diperoleh, uji normalitas dan homogenitas
aktivitas belajar kedua kelompok berdistribusi
normal dan homogen. Hasil uji hipotesis
aktivitas belajar siswa menyatakan terdapat
perbedaan yang signifikan pengaruh
penggunaan model pembelajaran Reciprocal
Teaching dengan model pembelajaran Drill
terhadap aktivitas belajar TIK. Analisis data
hasil belajar siswa diperoleh, uji normalitas
dan homogenitas kedua kelompok
berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji
hipotesis hasil belajar menyatakan terdapat
perbedaan yang signifikan pengaruh
penggunaan model pembelajaran Reciprocal
Teaching dengan model pembelajaran Drill
terhadap hasil belajar TIK. Hal ini
menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar
dengan media pembelajaran Drill berbeda, dan
lebih baik dari media pembelajaran Reciprocal
Teaching.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.