AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TATA LETAK BANGUNAN PURA CATUR LOKA PHALA BESAKIH

Authors

  • I Komang Susena Universitas Pendidikan Ganesha
  • Padma Nyoman Crisnapati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i8.19756

Abstract

Pura Catur Loka Phala
merupakan empat pura yang mengitari Padma Tiga
(Penataran Agung) di Pura Besakih. Keberadaan
Pura Besakih yang terletak di kaki Gunung Agung,
sangat beresiko terkena bencana alam dan
membahayakan Pura Besakih itu sendiri.
Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya usaha
pelestarian situs kebudayaan khusunya di Bali, salah
satunya adalah dengan cara memanfaatkan
teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memanfaatkan teknologi dengan cara
mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan
sebagai media untuk mempelajari sekaligus
melestarikan Pura Catur Loka Phala Besakih.
Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian dan pengembangan, untuk
mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book
pengenalan tata letak Bangunan Pura Catur Loka
Phala Besakih, dengan menggunakan model
waterfall sampai pada tahap pengujian sistem.
Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang
mampu menampilkan objek 3 dimensi bangunan
pura ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan
menggunakan bantuan buku dan smartphone
android. Hasil akhirnya berupa buku yang berisikan
informasi dan gambar terkait Pura Catur Loka
Phala Besakih yang difungsikan sebagai penanda
dan juga aplikasi Augmented Reality Book berbasis
android yang mampu menampilkan objek bangunan
Pura Catur Loka Phala dalam bentuk 3 dimensi
tepat di atas marker lengkap dengan suara narasi
penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai
media untuk memperkenalkan sekaligus
melestarikan budaya bangsa.

Downloads

Published

2013-12-31

Issue

Section

Articles