AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TOPENG BALI KLASIK

Made Lanang Nugraha, Padama Nyoman Crisnapati, I Made Gede Sunarya, Made Windu Antara Kesiman

Abstract


Beragam jenis topeng yang
terdapat di Bali, namun masyarakat Bali pada
umumnya tidak mengetahui, dan mulai
meninggalkan seni topeng tersebut. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk memanfaatkan
teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi
yang dapat digunakan sebagai media untuk
mempelajari dan memperkenalkan Topeng Bali
Klasik dengan lebih interaktif dan menarik.
Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian dan pengembangan, untuk
mengembangkan aplikasi Augmented RealityBook
pengenalan Topeng Bali Klasik, dengan
menggunakan model waterfall sampai pada tahap
pengujian sistem.Aplikasi ini menggunakan
library vuforia yang mampu memainkan suara
danmenampilkan objek 3 dimensi Topeng Bali
Klasik ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan
menggunakan bantuan buku dan smartphone
android.
Hasil akhirnya berupa buku yang
berisikan informasi dan gambar terkait topengtopeng
Bali yang difungsikan sebagai penanda dan
juga aplikasi Augmented Reality Book berbasis
android yang mampu menampilkan objek topengtopeng
Bali dalam bentuk 3 dimensi tepat di atas
marker lengkap dengan suara narasi penjelasan.
Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk
memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya
bangsa.media untuk memperkenalkan sekaligus
melestarikan budaya bangsa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v2i7.19767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.