PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGONTROL PERSEDIAAN DAN JUMLAH PEMBELIAN BARANG MENGGUNANAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) (Studi Kasus di Perusahaan Wjes Frozen Food Singaraja)

Elyas Fatona

Abstract


Resiko kerusakan, kehilangan dan biaya space atau tempat penyimpanan adalah biaya-biaya yang merugikan perusahaan. Persediaan yang banyak akan menyebabkan biaya penyimpanan terlalu tinggi yang akan memungkinan barang menjadi rusak atau kadaluawarsa, namun jika persediaan sedikit di khawatirkan permintaan akan barang tidak dapat terpenuhi. Berdasarkan hal tersebut Sitem Pendukung Keputusan (SPK)
dibuat untuk mengontrol persediaan dan jumlah pembelian barang menggunakan metode EOQ (Economic order quantity). Sistem pendukung keputusan ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 dengan beberapa software komponen pendukung. Berdasarkan hasil pengujian sistem pendukung keputusan pengontrol persediaan dan jumlah pembelian barang menggunakan metode EOQ (Economic order quantity) adalah informasi jumlah pengontrol penyediaan barang dan jumlah pembelian barang untuk melakukan order
barang kepada suplier.

Kata Kunci: sistem pendukung keputusan, pengontrol persediaan dan jumlah pembelian
barang, metode EOQ (economic order quantity).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v2i1.19966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.