PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS “INTRODUCING VOCABULARY” MENGGUNAKAN 3 BAHASA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putu Intan Yuniari Pendidikan Teknik Informatika http://orcid.org/0000-0001-9504-0459
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i1.24153

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang biasanya digunakan untuk memudahkan proses komunikasi antara guru dan siswa dalam suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris “Introducing Vocabulary” menggunakan 3 bahasa di Kelas III Sekolah Dasar, sebagai salah satu media untuk berkontribusi dalam membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris dan membantu guru dalam menjelaskan materi dengan lebih efektif, sehingga siswa menjadi lebih aktif di dalam proses pembelajaran di SD N 4 Kaliuntu. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada model ADDIE ini proses evaluasi dilakukan disetiap tahapan yang dilalui agar diketahui kelayakan pada setiap proses sehingga dapat dilanjutkan pada proses berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Media pembelajaran interaktif termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji ahli isi persentase keseluruhan penilaian yaitu 100%, uji ahli media diperoleh persentase keseluruhan penilaian yaitu 100%, uji perorangan diperoleh presentase rata-rata siswa 97.44%, uji kelompok kecil diperoleh presentase rata-rata siswa 98.21%, uji lapangan diperoleh presentase rata-rata siswa 97.15%, uji pre-etest dan uji post-test didapatkan rata-rata persentase kenaikan nilai sebesar 75%. Sehingga tingkat kenaikan hasil posttest masuk kedalam kriteria “baik” yang berarti media pembelajaran interaktif bahasa inggris layak untuk digunakan, dan uji respon siswa mendapat rata-rata persentasi sebesar 96.23% dengan kategori sangat baik.

Author Biography

Putu Intan Yuniari, Pendidikan Teknik Informatika

Teknik Informatika

Downloads

Published

2020-07-13

Issue

Section

Articles