EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER

Authors

  • Putu Ari Pratiwi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Sugihartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i2.26602

Abstract

Abstrak— penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan implementasi  media e-learning pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Sawan dengan jumlah responden 15 orang dan satu orang guru pengampu mata pelajaran sistem komputer. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, dan angket uji coba lapangan, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil media untuk uji kevalidan media e-learning diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata uji ahli isi, ahli desain dan ahli  media media pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid.  Hasil perolehan nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas media e-learning diperolah nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas media e-learning diperoleh skor sebesar 0,76 dengan kriteria efektif , untuk respon guru memperoleh rata-rata 48 dan utuk respon peserta didik memperoleh rata-rata 70,07 dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan media e-learning telah memenuhi kriteria untuk kualitas produk yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

 

Kata Kunci: Media E-Learning, Model Pembelajaran Blended Learning, Model ADDIE

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles