ANALISIS KONTEN INTERAKTIF TUMBANG HASIL KONSEPSI SERTA TANDA KEHAMILAN PADA MATA KULIAH PENGANTAR ASUHAN KEBIDANAN

Authors

  • Ferdo Liana Kaban Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.33124

Abstract

Kurangnya inovasi pendidik dalam proses pembelajaran dan materi yang bersifat abstrak, sehingga membuat motivasi dan minat belajar peserta didik berkurang. Hal tersebut perlu adanya pengembangan konten interaktif khususnya pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan materi pertumbuhan dan perkembangan hasil konsespi serta tanda – tanda kehamilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle(MDLC) yang terdiri dari enam tahapan yaitu consept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah konten interaktif berbasis animasi 3D serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan konten interaktif pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dalam menjelaskan materi pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi serta tanda – tanda kehamilan, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang diberikan dan dapat memberikan motivasi serta minat belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.

Downloads

Published

2021-11-12

Issue

Section

Articles